3 Bahan Alami untuk Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil

ibu hamil

Setiap wanita merindukan anak dalam kehidupannya. Mereka sangat bersemangat untuk hamil setelah menikah dan berharap dapat melahirkan bayi sehat dengan usia kehamilan yang cukup. Namun selama masa menunggu itu, biasanya mereka dihadapkan pada masalah morning sickness. Ini adalah kondisi ibu hamil yang merasakan lebih sering mual dan muntah akibat terjadi perubahan hormon.

Morning sickness kerap ditemui pada trimester pertama kehamilan atau usia hamil hingga empat bulan. Kejadian ini bagi sebagian ibu hamil adalah cobaan. Mereka lebih sulit makan dan asam lambung meningkat. Walhasil keinginan untuk muntah semakin menjadi-jadi. Beberapa wanita kadang harus dirujuk ke rumah sakit akibat mengalami morning sickness yang agak parah.

Namun ibu hamil perlu berbahagia dengan adanya rasa mual ini. Artinya, tubuh ibu telah dipersiapkan secara alami untuk menyesuaikan diri dengan kehadiran janin di perut hingga keluarnya bayi di usia kehamilan sekitar 9 bulan 10 hari. Perubahan ini muncul dengan reaksi perubahan hormonal. Selain itu, morning sickness konon juga menjadi tanda mulai terbentuknya plasenta yang menghubungkan tubuh ibu dengan janin.

Ibu hamil tinggal mencari cara untuk menyikapi morning sickness ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi perasaan mual sehingga kehamilan bisa tetap dilakukan dengan nyaman. Beberapa herbal alami di sekitar kita bisa diambil untuk membantu meringankan masalah ini. Berikut beberapa makanan alami yang dapat dikonsumsi saat terjadi morning sickness:

  1. Jahe telah lama dipercaya sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi mual dan muntah. Uji klinis telah membuktikan cepatnya zat dalam jahe dalam menenangkan perut sehingga rasa mual bisa ditekan. Mengonsumsi jahe ini bisa diwujudkan dalam bentuk minuman hangat ataupun ekstrak jahe. Bisa pula menambahkannya dengan teh untuk memberikan citarasa yang lebih enak. Hindari minum soda yang bisa memperparah rasa mual.

  2. Peppermint atau daun mint sama bergunanya dalam membuat perut lebih nyaman dan bebas dari mual. Di dalam daun ini terdapat kandungan bernama mentol yang bermanfaat untuk hal tersebut. Bahkan, hanya dengan menghirup baunya saja juga bisa memberikan rasa nyaman di perut. Anda bisa memakai minyak peppermint atau daun mint untuk ditambahkan pada minuman hangat. Kandungan mentol segera menyamakankan perut dari rasa mual. Minyak peppermint juga dapat dioleskan pada perut secukupnya saja.

  3. Buah lemon menurunkan keparahan rasa mual saat hamil dengan jalan menyetabilkan asam lambung. Perasan lemon ketika masuk ke lambung akan bersifat basa. Hal ini akan menurunan lambung yang terlampau asam sehingga menjadi lebih bersahabat lagi tingkat keasamannya. Ibu hamil dapat mengonsumsi perasan lemon yang ditambahkan air hangat setiap hari agar morning sickness tetap terkendali. Jika tidak ada lemon dapat diganti dengan jeruk nipis yang lebih mudah ditemukan di pasar tradisional.

3 Bahan Alami untuk Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil 3 Bahan Alami untuk Meringankan Morning Sickness pada Ibu Hamil Reviewed by Hepii on 17:51 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.