9 Manfaat Kulit Jeruk yang Menyehatkan

kulit jeruk

Kulit jeruk masih bisa dimanfaatkan daripada dibuang ke tempat sampah. Bukan hanya daging buahnya saja yang membawa kegunaan, kulit jeruk bisa dipakai untuk berbagai keperluan termasuk sebagai obat. Selama ini kulit jeruk dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Tapi ternyata, kulit jeruk bisa dipakai lebih dari itu.

Pemanfaatan kulit jeruk dilakukan dengan berbagai cara seperti direbus lalu diambil sarinya, dimasukkan dalam makanan lain, hingga dijadikan bubu sesuai kebutuhan. Dalam 100 gram kulit jeruk ditemukan kandungan karbohidrat 25 gram, serat 11 gram, protein 1,5 gram, minyak jeruk 1 gram, vitamin C, besi, seng, magnesium, hingga tembaga.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut beberapa penggunaan kulit jeruk untuk berbagai keperluan:

  1. Mencegah kanker. Dengan berbagai kandungan yang dimiliki oleh kulit jeruk, salah satu manfaatnya bisa mencegah kanker. Di dalamnya terdapat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Antioksidan dalam bentuk flavanoid dan vitamin C ada di dalam kulit jeruk.

  2. Menurunkan kolesterol. Mengonsumsi kulit jeruk saah satu pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Zat yang berfungsi untuk hal ini adalah seratnya. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki senyawa hesperidin yang bertindak secara selektif untuk mengangkut kolesterol jahat keluar dari tubuh. Kesehatan kardiovaskular lebih terjaga.

  3. Mengendalikan berat badan. Kulit jeruk memiliki manfaat dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh. Artinya, akan banyak lemak yang dibakar untuk menjadi energi. Hal ini turut membantu penurunan berat badan secara alami. Ditambah dengan berolahraga, maka hasilnya bisa maksimal.

  4. Mengatasi masalah pencernaan. Kulit jeruk dapat dijadikan obat untuk sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya. Kulit ini memiliki sifat antiperadangan yang membantu mengurangi keluhan sakit perut dan sekaligus menyembuhkannya. Di samping itu, baik pula untuk menurunkan asam lambung berlebihan.

  5. Mengatasi sembelit. Sembelit dapat diringankan dengan mengonsumsi kulit jeruk. Ini disebabkan pada kulit jeruk terdapat kandungan pektin yang membantu meningkatkan gerakan usus secara tepat.

  6. Meningkatkan kekebalan tubuh. Peningkatan imunitas oleh kulit jeruk dipicu dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin ini secara aktif membantu tubuh untuk melawan berbagai patogen yang membahayakan tubuh.

  7. Meningkatkan energi tubuh. Untuk memperoleh khasiat ini dapat merebus kulit jeruk, lalu menjadikannya sebagai minuman.

  8. Meringankan penyakit bronkhitis. Saat bronkhitis menyerang, kulit jeruk dapat digunakan untuk membantu penyembuhan. Caranya dengan merebus kulit jeruk secukupnya, lalu air sarinya diminum secara teratur. Sari kulit jeruk dapat menenangkan gejala bronkhitis. Di samping itu, berkumur dengan air ini bisa mengatasi bau mulut.

  9. Menyehatkan dan mencerahkan kulit. Cara untuk mencerahkan wajah dengan kulit jeruk bisa dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker. Remas kulit jeruk hingga keluar airnya lalu usapkan merata pada wajah. Bisa juga dengan memarutnya, lalu tambahkan sedikit madu, dan tempelkan ke wajah seperti masker.

9 Manfaat Kulit Jeruk yang Menyehatkan 9 Manfaat Kulit Jeruk yang Menyehatkan Reviewed by Hepii on 00:25 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.