TPA Burangkeng Overload, Pemerintah Tak Peduli!


Tentangbekasi.com, Setu – Di tengah ancaman banjir yang melanda hampir semua wilayah di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bekasi justru mengabaikan persoalan sampah di daerahnya.

Sampah yang tidak terurus di TPA Burangkeng
(Kredit: Andi Saddam/gobekasi.com)

Hal tersebut bisa dilihat dari menumpuknya sampah di TPA (Tempat Pembuangan Sampah) Burangkeng Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Di lahan seluas 2 Hektar tersebut, sampah sudah melebihi kapasitas penampungan. Akibatnya, bau menyengat yang timbulkan oleh sampah tersebut, tercium sampai radius 200 meter, selain itu, air limbah dari sampah juga terserap ke dalam tanah, yang membuat tanah di sekitar TPA Burangkeng tidak lagi produktif lagi.


Menumpuknya sampah di TPA Burangkeng hingga overload tersebut disebabkan karena TPA ini menjadi satu-satunya tempat untuk melakukan aktivitas pembuangan sampah bagi lima pasar serta kompleks perumahan yang ada di Kabupaten Bekasi. Padahal, menurut Ketua LSM Lembaga Kajian Advokasi dan Informasi Lingkungan Hidup (eLKAIL), Ridwan Arifin, satu pasar saja setiap harinya membuang sekitar 80 kubik sampah di TPA Burangkeng. Tidak heran jika saat ini sampah yang menumpuk di TPA Burangkeng mencapai ketinggian 30 meter.

"Jika satu pasar saja setiap harinya membuang 80 kubik sampah, bisa dihitung sendiri berapa banyak sampah yang memenuhi TPA Burangkeng setiap harinya. Jika sampah tersebut terus dibiarkan, dan tidak ada usaha untuk menghancurkan sampah yang ada, lahan yang ada di TPA Burangkeng tidak bakal cukup," papar Ridwan Arifin, Jumat (30/1) dilansir dari gobekasi.com.

Terkait dengan persoalan tersebut, Ketua LSM eLKAIL ini meminta pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Bekasi lewat Dinas Kebersihannya. Menurutnya, tidak selayaknya Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi melempar tanggung jawab ke pihak lain, karena masalah sampah dan kebersihan adalah tanggung jawab Dinas Kebersihan selaku pengelola.Ridwan juga menekankan, bahwa sudah waktunya Pemkab Bekasi memiliki mesin penghancur sampah, guna mengurai sampah yang ada, sebab jika sampah tersebut dibiarkan begitu saja, lahan seluas apapun tidak akan cukup untuk menampungnya! (*) (Agus)
TPA Burangkeng Overload, Pemerintah Tak Peduli! TPA Burangkeng Overload, Pemerintah Tak Peduli! Reviewed by Agus Kurniawan on 10:12 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.