5 Kebiasaan Ini Menjauhkan dari Serangan Jantung

Serangan jantung bisa dicegah dengan lima kebiasaan
Makanenaksehati.blogspot.com - Jantung sehat itu perlu diusahakan. Struktur jantung seperti halnya otot yang akan terus prima kondisinya ketika dilatih. Kemampuan jantung untuk memompa darah mesti dijaga. Di samping itu, pembuluh darah yang menjadi jalan darah juga harus terbebas dari plak. Plak yang tersusun dari kolesterol dan zat lainnya menjadi penyumbat sirkulasi darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung koroner.

Jalan terbaik untuk jantung sehat adalah menerapkan gaya hidup sehat. Ini menjadi jalan mutlak untuk jantung lebih bugar dibanding Anda mesti menyehatkannya kala masalah jantung sudah terjadi. Membuat jantung sehat sebenarnya bisa dibangun dengan beberapa kebiasaan yang mudah diterapkan. Dikutip dari Times of India, berikut caranya:

1.       Jauhi aktivitas merokok. Rokok dapat memicu darah menjadi kental dan menyempitkan pembuluh darah. Keadaan ini membuat tekanan darah menjadi tinggi. Aliran darah yang tidak lancar jika bertemu dengan plak di pembuluh darah, dapat memicu serangan jantung. Belum lagi jika yang tersumbat di pembuluh darah otak, bersiap-siaplah “berkenalan” dengan stroke. Tidak ada rokok yang aman dari racun sekalipun dilabel dengan mild atai cigaret. Masih mau merokok?

2.       Lakukan aktivitas fisik. Ini bisa dilakukan dengan berolahraga atau menggerakkan badan dengan berbagai kegiatan fisik. Melakukan jalan cepat selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu bisa menjaga kebugaran jantung. Atau, Anda bisa berolahraga 30-60 menit per hari untuk membakar sekitar 600-1.200 kalori. Asalkan  aktivitas fisik dilakukan secara teratur, maka Anda berkontribusi mengurangi risiko penyakit jantung sampai 40 persen.

3.       Menjaga berat badan tetap proporsional. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang memiliki berat badan ideal akan berkurang risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 25 persen. Sementara untuk risiko strok dan gagal jantung menurun sampai 35 persen. Menurunkan berat badan membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

4.       Hindari stres. Hidup tidak perlu terlalu dibuat stres. Jika Anda memiliki masalah serius dalam hidup, usahakan menghadapinya dengan tenang. Kecemasan akan membuat tekanan darah naik yang menjadi pemicu serangan jantung. Lakukan relaksasi di kala stres datang.

5.       Lakukan pemeriksaan yang berhubungan dengan kesehatan jantung secara teratur. Misalnya adalah kadar tekanan darah, kolesterol, hingga irama jantung. Pengetesan seperti ini akan membuat Anda waspada untuk menjauhi berbagai risiko terkena penyakit jantung.
***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto: guardianlv.com

5 Kebiasaan Ini Menjauhkan dari Serangan Jantung 5 Kebiasaan Ini Menjauhkan dari Serangan Jantung Reviewed by Hepii on 02:27 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.