Cara Dahsyat Menangkal Flu di Musim Hujan

Flu saat musim hujan bisa ditangkal dengan sejumlah tips tertentu
Makanenaksehati.blogspot.com - Musim hujan bakal dipenuhi oleh penyakit musim. Paling sering terjadi adalah sakit pilek dan flu. Sakit ini menjadi langganan banyak orang yang memiliki ketahanan tubuh menurun di kala hawa pancaroba datang. Akibatnya, penderitanya merasakan demam, hidung tersumbat, bahkan batuk.

Penyakit ini sebenarnya bisa ditangkal dengan berusaha meningkatkan kekebalan tubuh. Dikutip dari Times of India, beberapa cara berikut dapat diterapkan untuk melawan virus flu yang masuk ke dalam tubuh:

1. Berjemur sinar matahari. Terpapar sinar matahari pagi atau sore akan menyehatkan tubuh. Provitamin D yang ada di bawah kulit akan berubah menjadi vitamin D. Selain baik untuk tulang, vitamin D dikenal memberikan reaksi peningkatan terhadap sistem kekebalan tubuh.

2. Menggerakkan badan. Baik dengan berolahraga atau sering bergerak, memiliki keutamaan untuk melawan hawa dingin dan meningkatkan imunitas. Sebuah studi yang dimuat British Journal of Sports Medicine mengatakan, berolahraga lima kali dalam seminggu akan melindungi tubuh dari flu hingga 45 persen dibanding yang idak berolahraga. Anda hanya perlu menggerakkan tubuh setengah jam setiap hari.

3. Jauhi stres. Stres hanya akan memicu hormon kortisol terproduksi lebih banyak. Jumlah berlebihan dari hormon tersebut akan mengurangi kemampuan kekebalan tubuh untuk melakukan perlawanan terhadap benda asing yang masuk ke tubuh, termasuk virus flu. Lakukan meditasi atau kegiatan lain yang membuat pikiran tidak jenuh.

4. Melakukan seks lebih sering. Bagi pasangan suami istri, cara ini akan melindungi badan dari pilek dan flu. Alasannya, seks sekali atau dua kali seminggu membantu menambah jumlah sel immunoglobin A yang berfungsi sebagai antibodi dalam melawan virus. Peningkatannya bisa meningkat sampai 30 persen.

5. Menghirup uap hangat. Menghirup uap dari air panas dalam baskom dapat membantu mengurangi masalah lendir yang membuat hidung mampet. Bisa ditambahkan pula minyak kayu putih atau mentol untuk mempercepat hidung lega.

6. Mengonsumsi minuman panas. Minum campuran madu dan air lemon panas akan membantu mengurangi sakit tenggorokan dan lendir yang membuat jalan nafas agak tersumbat.

7. Makan sup dengan paduan rempah-rempah. Makan sup ayam yang didalam dipenuhi dengan rempah – seperti jahe, kunyit, dan sebagainya – membantu menciptakan lendir tambahan yang berguna untuk menjebak virus. Ketika lendir dikeluarkan maka virus juga ikut terbuang dari tubuh.
***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: esngent.be

Cara Dahsyat Menangkal Flu di Musim Hujan Cara Dahsyat Menangkal Flu di Musim Hujan Reviewed by Hepii on 04:54 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.