10 Buah yang Baik dan Sehat untuk Penyakit Diabetes

Kita semua senang memasukan buah-buahan ke dalam diet kita sehari-hari. Buah menjadi makanan ringan yang lezat dan sehat. Buah seperti apel dan anggur sangat bergizi karena mengandung protein tinggi dan vitamin. Namun, penderita diabetes atau yang beresiko karena  faktor keturunan harus berhati-hati dalam memilih buah-buahan. Tidak semua buah baik untuk penderita diabetes yang perlu buah yang aman, yakni yang tidak membuat kadar gula melonjak drastis. Anda perlu buah dengan indeks glikemik rendah (GI), yakni yang melepaskan glukosa secara perlahan dan stabil. Dilansir dari Boldsky.com, berikut daftar buah yang aman untuk penderita diabetes:


1. Stroberi
Stroberi berindeks glikemik rendah, membuat perut merasa kenyang lebih lama, memenuhi hasrat Anda akan makanan yang manis dan menjaga kadar gula tetap stabil.

2. Apel
Apel tidak saja berindeks glikemik rendah, tapi juga kaya dengan antioksidan. Termasuk buah yang baik untuk diet diabetes.

3. Ceri
Buah musim panas dan cocok dijus ini, sangat baik untuk Anda yang mengidamkan makanan manis namun tetap sehat. Tidak hanya baik bagi penderita diabetes, juga untuk jantung dan kulit. Ceri juga memiliki sifat anti-inflamasi, atau mengurangi nyeri.

4. Peach
Juga dikategorikan dalam buah musim panas, berindeks glikemik rendah, kaya antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki banyak vitamin.

5. Jeruk
Jeruk kaya air, antioksidan, serat larut, rendah indeks glikemik yang menjaga gula darah stabil dan terkendali.

6. Jambu
Jambu biji juga rendah indeks glikemik, kaya serat larut dan vitamin C.  Makanan lezat yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Anggur
Banyak penderita diabetes yang menghindari anggur karena kandungan gulanya yang tinggi, namun sebenarnya anggur ini rendah indeks glikemik, sehingga aman bagi penderita diabetes. Anggur juga dapat memperlambat kerja pencernaan sehingga memungkinkan lebih banyak penyerapan nutrisi.

8. Blueberry
Blueberry bersifat rendah karbohidrat dan dianggap sebagai buah super untuk diabetes. Selalu sertakan blueberry dalam diet Anda. Glukosanya memberikan energi yang besar, meningkatkan kepekaan terhadap insulin dan mengatur kadar gula darah.

9. Pir
Pir selalu tersedia sepanjang tahun, sehingga senantiasa dapat dikonsumsi untuk mengontrol kadar gula darah.

10. Grapefruit
Kaya akan vitamin C yang baik untuk mengontrol kadar gula dan kadar kolesterol.

Kredit foto: joslin.org

10 Buah yang Baik dan Sehat untuk Penyakit Diabetes 10 Buah yang Baik dan Sehat untuk Penyakit Diabetes Reviewed by Hepii on 02:44 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.