Makanan yang Baik untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Makanenaksehati.blogspot.com - Dilansir dari Healthline.com, tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan masalah kesehatan yang serius yang terjadi pada penduduk Amerika. Seiring waktu, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang kemudian berkembang menjadi penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke dan masalah lainnya.

Hipertensi kadang-kadang disebut sebagai The Silent Killer, karena tidak menimbulkan gejala. Anda yang tidak memeriksakan tekanan darah secara teratur berpotensi terkena hipertensi tanpa diketahui, tanpa diobati, selama bertahun-tahun.

Diet memainkan peran yang penting dalam menentukan kondisi tekanan darah Anda. Diet yang disarankan untuk menurunkan tekanan darah adalah DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), yang termasuk dengan cara mengurangi asupan lemak, sodium dan alkohol.

DASH mengajarkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan mengandung kalium, kalsium dan magnesium. Secara umum, Anda harus makan lebih banyak makanan yang mengandung protein rendah lemak, biji-bijian, buah dan sayuran. Berikut adalah makanan terbaik yang dapat menurunkan tekanan darah Anda:

1. Sayuran hijau
Makanan tinggi kalium seperti sayuran hijau memberikan perbandingan jumlah kalium dan natrium yang lebih baik di dalam tubuh. Rasio ini membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran hijau seperti selada, kale, lobak, dan bayam mengandung kalium yang tinggi. Pilihlah sayuran segar atau beku karena lebih banyak nutrisi yang tersimpan. Sayuran kaleng kurang baik karena biasanya sudah ditambahkan natrium. (Baca juga: Makan Seledri Efektif Mengobati Tekanan Darah Tinggi)

2. Buah Beri
Beri, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi banyak flavonoid dapat mencegah hipertensi dan kemungkinan membantu mengurangi tekanan darah tinggi juga.
Blueberry, raspberry dan stroberi sangat mudah ditambahkan dalam diet Anda sebagai sarapan pagi yang sehat. Dapat dimakan begitu saja atau dijadikan minuman jus.

3. Kentang
Kentang mengandung banyak kalium dan magnesium, dua jenis mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan daerah Anda. Kentang juga kaya serat, yang diperlukan untuk diet sehat secara menyeluruh. Kentang panggang cocok sebagai hidangan makan malam Anda. Sebaiknya jangan menambahkan garam (sodium) dan mentega (lemak) di dalam kentang Anda.

4. Bit (Beets)
Para peneliti di Queen Mary University di London menemukan bahwa pasien dengan tekanan darah tinggi melihat perbaikan signifikan setelah meminum jus bit. Para peneliti menyimpulkan hal itu terjadi karena kandungan nitrat di dalam jus yang menurunkan tekanan darah dalam waktu hanya 24 jam.
Anda dapat menikmati jus bit dengan cara dijus, dimasak atau dipanggang. Berhati-hatilah saat menyentuh bit karena dapat meninggalkan noda merah di tangan dan pakaian Anda. (Baca juga: Jus Bit Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif)

5. Oatmeal
Kandungan seratnya yang tinggi, rendah lemak, dan rendah natrium membuat oatmeal mampu menurunkan tekanan darah Anda. Oatmeal cocok untuk sarapan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Rasanya memang hambar, tapi jangan ditambahkan gula maupun garam, gunakan madu sebagai pemanis.

6. Pisang
Pisang adalah makanan yang bagus untuk menambahkan potasium ke dalam diet Anda. Makanan yang kaya mineral ini lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen. Makanan yang mudah didapat, murah dan praktis untuk langsung dimakan. (Baca juga: Tidak Bisa Tidur? Coba Makan Pisang)
***
Kredit foto: doctorq.ca

Makanan yang Baik untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Makanan yang Baik untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Reviewed by Hepii on 03:55 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.