Makanan Sehat yang Menurunkan Kolesterol

buah menurunkan kolesterol

Penyakit akibat kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling luas diderita oleh umat manusia. Di Afrika, misalnya, lebih dari 5,5 juta orang mengidap kelebihan kolesterol, sehingga sangat penting untuk mengontrolnya melalui makanan yang kita makan. Ada sejumlah makanan sehat yang berguna untuk menurunkan kolesterol.


Ulasan di bawah ini menyebutkan apa saja jenis makanan yang mampu mengontrol kolesterol. Yang harus diingat, daftar makanan ini tersusun secara acak dan variasikan nutrisi yang Anda makan.

1. Minyak dan Produk Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).


Siapapun yang ingin menurunkan kadar kolesterolnya perlu memperbanyak makanan dari minyak zaitun.
Tips: tambahkan satu atau dua sendok makan minyak zaitun ke dalam salad atau sayuran Anda. Pilihlah margarin yang terbuat dari minyak zaitun.

2. Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan seperti kacang kaleng, kacang polong, lentil, semua produk kedelai (tempe, tahu, kacang kedelai, dll) kaya serat dan nutrisi pelindung seperti mineral, vitamin B dan fitonutrien. Nutrisi ini diperlukan untuk melindungi jantung, sementara seratnya dapat menurunkan kolesterol dan sebagai asupan energi.

Secara alami, kacang-kacangan rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol apapun. Indeks glikemiknya pun rendah, sehingga aman juga untuk penderita diabetes.

Tips: sempatkan untuk makan kacang-kacangan sedikitnya empat kali dalam satu minggu. Idealnya, sih, makan kacang tiap hari.

3. Buah dan sayuran kaya antioksidan

Sesungguhnya, semua jenis buah dan sayuran dapat menurunkan kolesterol sekaligus melindungi jantung. Namun, dua kelompok buah dan sayur yang paling berguna dalam hal ini adalah yang kaya akan vitamin C dan beta-karoten.

a. Vitamin C

Makanan kaya vitamin C termasuk di antaranya adalah semua jenis jeruk, semua jenis berry (cranberry, stroberi, blueberry, blackberry), jambu biji, mangga, semua jenis kubis, paprika dan cabai.

b. Beta-karoten

Mencakup buah (aprikot, peach, mangga) dan sayur (labu, ubi jalar, wortel) yang berwarna kuning gelap, serta sayuran hijau gelap (brokoli, alpukat, kubis dan bayam).

Jika Anda berpenyakit jantung atau kelebihan kolesterol, pastikan konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari. Tips: alpukat yang dimakan tanpa gula dan susu, sangat efektif menurunkan kolesterol. Baik dikonsumsi setiap hari yang divariasikan dengan sayuran lainnya.

4. Bawang putih, bawang merah, bawang Bombay dan jenis lainnya

Selama berabad-abad, bawang putih digunakan untuk menyehatkan tubuh. Penelitian mengungkapkan bahwa anggota keluarga bawang (allium) bisa dipakai untuk menurunkan kolesterol sekaligus melindungi jantung. Gunakan bawang putih sebagai bumbu masak dan salad segar.

Para peneliti percaya kandungan bawang putih yang tinggi dalam diet Mediterania merupakan faktor yang membuat diet ini sangat baik bagi jantung.

5. Gandum utuh

Semua biji-bijian yang diproses untuk sereal kaya dengan vitamin B, mineral dan serat makanan (yang larut maupun yang tidak larut), rendah lemak dan rendah kolesterol.

Selain itu, makanan ini juga membuat perut kenyang lebih lama. Pastikan Anda menyantap semangkuk sereal setiap hari.

6. Ikan

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan ikan sebanyak 3 kali atau lebih dalam seminggu cenderung tidak menderita penyakit jantung dan darah tinggi. Hal ini dikaitkan dengan tingginya kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan.

Ikan terbaik yang menjadi sumber asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, trout dan sarden.
Asam lemak omega-3 terbukti mengurangi lemak darah, plak, tekanan darah dan gangguan lainnya di pembuluh darah dan jantung.

7. Daging burung unta

Mungkin ini agak sulit ditemukan di Indonesia, tetapi daging burung unta ternyata rendah kolesterol dan lemak. Di negeri lain, seperti Afrika, permintaan daging burung unta meningkat karena dijadikan sebagai alternatif pengganti daging merah yang biasanya ditakuti oleh penderita kolesterol tinggi. Daging burung unta membuat penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi tetap bisa menikmati hidangan daging nan lezat ini.

Demikianlah artikel mengenai makanan sehat yang menurunkan kolesterol, semoga bermanfaat untuk Anda. (health24.com/makanenaksehati.blogspot.com/kredit gambar: kfoods.com)

Makanan Sehat yang Menurunkan Kolesterol Makanan Sehat yang Menurunkan Kolesterol Reviewed by Hepii on 00:15 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.