Android 6.0 Muffin Isunya Sedang Dikembangkan, Ini Perkiraan Fitur Anyarnya

android

Baru beberapa waktu Android versi 5.0 Lollipop dirilis, Google sudah ancang-ancang membuat versi terbaru sistem operasi tersebut. Kabarnya Google sedang merencanakan penerus dari Lollipo atau versi 6.0. Soal nama yang disematkan, konon tetap mengambil dari menu makanan penutup yaitu Muffin. Dari sekian versi Android, hanya dua versi Android awal yang namanya tidak dipakaikan sebutan makanan.

Hanya saja sampai saat ini memang belum jelas apakah Google akan merilis nama Muffin sebagai penerus Lollipop. Isu yang berhembus hanya mengatakan bahwa sistem operasi Android versi 6.0 disandingkan dengan nama berinisial M. Sehingga, spekulasi pun cukup beragam. Bisa saja, namanya Muffin atau yang lain seperti Milkshake hingga M&M.

Dari awal kemunculan Android sampai terakhir yang rilis, inilah nama-nama yang diberikan untuk sistem operasi smartphone tersebut: Alpha, Beta, Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, dan Android L (Lollipop). Untuk versi 6.0 atau Android M kemungkinan dilengkapi fitur baru yang diduga bakal mendukung aktivitas multitasking bagi penggunanya.

Perkiraan penambahan fitur-fitur dalam Android M diungkapkan oleh desaine Miroslav Vitula. Dia membuat tayangan tentang kemungkinan fitur menarik dari update terbaru ini saat diluncurkan kelak. Soal kemampuan multitasking, Vitula menduga terdapat kemampuan Multi Windows sehingga pengguna bisa berganti-ganti aplikasi secara cepat.

Perkiraan lainnya adalah fitur Quick Reply. Ini digunakan untu menjawab notifikasi terbaru secara langsung.

Dikutip dari laman Viva, sampai sekarang Google belum secara gamblang mengungkapkan soal Android M. Kalau dilihat dari trennya, jika kabar ini benar, maka ada kemungkinan Android terbaru akan dirilis pada 2015 ini. Vitula meyakini jika Android tetap terus akan dikembangkan dan menurutnya Android M sangat logis untuk dihadirkan.

Lanjut Vitula, Android 6.0 bisa jadi masih mengusung Material Design. Pengembangannya lebih kepada Multi Window. Beberapa produsen telah menanamkan fitur ini dalam ponselnya seperti Samsung Galaxy untuk tablet dan smartphone. Lewat fitur ini pengguna Samsung bisa sekaligus mengaktifkan dua atau lebih dari aplikasi yang ingin dijalankan bersamaan. Tampilannya tampak bersisian.

Namun perlu diketahui penamaan Muffin saat ini bukan berasal dari Google. Penggunaan Muffin pada Android M sekadar mengikuti logika dari nama-nama versi sebelumnya seperti Android L untuk Lollipop. Jika dikaitkan dengan nama makanan, maka sebutan yang sekiranya mendekati dan pantas untuk disandikan dengan versi terbaru Android adalah Muffin.

Vitula juga sangat mengharapkan fitur Quick Reply benar-benar diterapkan pada Android M. SSekarang itu fitur tersebut bisa diterapkan dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Sementara itu sistem operasi pesaing Android, iOS 8, sudah terlebih dahulu menerapkannya. Jadi, silakan tunggu kejutan baru dalam Android M yang biasanya disusul dengan update bagi sebagian tipe ponsel Android.
Android 6.0 Muffin Isunya Sedang Dikembangkan, Ini Perkiraan Fitur Anyarnya Android 6.0 Muffin Isunya Sedang Dikembangkan, Ini Perkiraan Fitur
Anyarnya Reviewed by Hepii on 20:23 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.