Begini Cara Terbaik Makan Buah-Buahan agar Penyerapan Nutrisi Optimal

buah segar

Sangat disarankan untuk makan buah-buahan setiap hari, di samping juga makan sayuran. Buah-buahan dengan segala macam jenisnya, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apapun jenisnya dipastikan terkandung aneka zat gizi yang dengan mudah bisa digunakan tubuh untuk menjalankan sistemnya dengan baik. Di samping itu, beragam enzim alami bisa didapatkan dengan mudah dari buah-buahan.

Dalam buah sering ditemukan kandungan antioksidan yang bersumber dari kulitnya. Pigmen kulit buah ini dinamakan fitokimia. Contohnya buah anggur, blackberry, stroberi, dan buah yang bisa dimakan bersama kulitnya sangat baik untuk kesehatan. Di samping itu, dalam buah terdapat kandungan serat alami, vitamin, dan mineral.

Hanya saja, makan buah sebenarnya ada waktu-waktu terbaiknya. Dengan mengonsumsi pada waktu yang disarankan, proses cerna dan penyerapan nutrisi dapat berlangsung optimal. Sistem perncernaan juga berlangsung lebih lancar dan manfaatnya bisa segera didapat. Dan, disarankan untuk makan buah ketika perut dalam keadaan kosong seperti setelah bangun tidur di pagi hari.

Ketika perut kosong dan diisi dengan berbagai buah-buahan, proses penyerapan sari makanan berlangsung dengan baik. Usahakan makan buah secara eksklusif dan tidak dicampur bersama makanan lain yang bukan dari jenis buah. Pasalnya, dalam buah terkandung glukosa yang justru tidak baik kalau bertemu dengan makanan lain. Sifat gula cenderung merusak gizi makanan lain jika bersama-sama dicerna di dalam pencernaan.

Waktu bagi tubuh untuk mencerna buah-buahan kurang lebih 30 menit sampai satu jam. Oleh sebab itu, jika ingin mengonsumsi makanan lain disarankan setelah kira-kira satu jam dari waktu terakhir makan buah. Di saat itu proses mencerna buah telah selesai dan siap untuk mencerna makanan lainnya.

Makan buah juga bisa dilakukan setelah makan utama. Namun berikan jeda dulu sekitar 3-4 jam setelah makan agar semua makanan tercerna dengan baik. Setelah itu, buah-buahan bisa dikonsumsi kembali karena perut telah kosong. Jadi makan buah cocok dijadikan sebagai menu sarapan eksklusif sekaligus kudapan di sore hari.

Tidak perlu berpantang untuk mengonsumsi buah apa pun , kecuali tubuh mengeluarkan reaksi alergi sebagai tanda tidak cocok dengan zat di dalam suatu buah. Menggabungkan berbagai jenis buah dalam sekali waktu makan tidak masalah. Kandungan zat gizi menjadi lebih beragam yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat makan buah pun makin optimal dengan cara ini.

Dalam memilih buah, paling baik dalam kondisi organik. Namun jika memang sulit ditemukan, mengonsumsi buah dari hasil pertanian jauh lebih baik ketimbang sama sekali tidak makan buah. Hanya saja memang perlu dicuci dengan bersih agar kemungkinan hadirnya residu pestisida atau mungkin pengawet zat lilin dalam buah tidak ikut termakan dan memberikan keburukan bagi kesehatan.
Begini Cara Terbaik Makan Buah-Buahan agar Penyerapan Nutrisi Optimal Begini Cara Terbaik Makan Buah-Buahan agar Penyerapan Nutrisi Optimal Reviewed by Hepii on 03:16 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.