4 Fakta Menarik Buah Semangka yang Mungkin Belum Anda Tahu

semangka

Salah satu makanan yang sangat nikmat dimakan saat musim kemarau adalah buah semangka. Apalagi jika disajikan dingin setelah masuk ke dalam lemari es, rasanya menjadi sangat lezat. Kesegarannya makin terasa dari mulut sampai kerongkongan. Paling asik menikmati semangka adalah yang sudah matang dengan tanda warna merah menyala. Dalam keadaan matang benar, rasa manisnya turut melengkapi kesegarannya.

Perlu Anda tahu, semangka yang begitu besar ukurannya ternyata sangat rendah kalori. Untuk porsi satu cangkir hanya ada sekitar 46 kalori. Buah ini sangat cocok menjadi pelengkap menu pada Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Di samping itu ada kandungan vitamin C yang jumlahnya mencapai 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dalam porsi yang sama. Pemenuhan terhadap vitamin A juga tinggi hingga mencapai 17 persen dari asupan harian.

Pakar gizi Cynthia Sass, MPH, RD – seperti dikutip dari laman Health.com – mengungkapkan, nutrisi yang dimiliki oleh buah ini sangat banyak dan beragam. Bagi pemilik hipertensi, semangka adalah buah yang cocok untuk dikonsumi sebagai alat pengontrol.

"Semangka mengandung serat makanan bagi kesehatan pencernaan serta kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah tertutup," kata Cynthia.

Ada juga beberapa fakta menarik terkait dengan buah semangka. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan semangka yang mungkin belum Anda tahu sebelumnya:

  1. Kandunga antioksidan likopen pada semangka lebih banyak dari tomat. Satu cangkir semangka terdapat likopen 1,5 kali lebih banyak dari tomat segar berukuran besar. Ada sekitar 6 miligram likopen di semangka dan 4 miligram pada tomat. Likopen berguna menghentikan radikal bebas dalam merusak sel-sel Selain itu juga merangsang peningkatan sistem kekebalan. Beberapa penelitian mengaitkan manfaat likopen dengan pencegahan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

  2. Semangka membantu meredakan nyeri otot. Sebuah penelitian di Spanyol dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, minum jus semangka bisa menenangkan otot setelah berolahraga yang Semangka mengandung zat alami yang disebut citrulline yang berguna meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah. Citrulline ini paling banyak ditemukan pada area dasar semangka berwarna putih, setelah Anda menghabiskan daging buahnya yang berwarna merah

  3. Semangka bisa disebut buah, namun dapat pula dikatakan sayuran. Semangka produk dari tubuhnya Tapi jika ditelusuri dari silsilah botanikalnya, semangka masih satu keluarga dengan labu siam, labu, dan keluarga mentimun yang dikenal dengan Cucurbitaceae.

  4. Semangka memiliki bagian berupa air yang sangat besar. Kandungan air pada semangka mencapai 91,5 persen. Oleh sebab itu semangka sangat cocok dipakai sebagai sarana untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan, wanita dengan yang mengalami dehidrasi ringan sudah cukup untuk merasakan sakit kepala, konsentrasi yang menurun, kelelahan, dan suasana hati buruk.

4 Fakta Menarik Buah Semangka yang Mungkin Belum Anda Tahu 4 Fakta Menarik Buah Semangka yang Mungkin Belum Anda Tahu Reviewed by Hepii on 04:22 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.