8 Manfaat Makan Apel Secara Rutin

apel untuk jantung

Apel adalah buah super yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi tubuh. Dalam apel terkandung beragam nutrisi dari beragam jenis seperti antioksidan, vitamin, mineral, hingga enzim yang berguna memaksimalkan kerja sistem tubuh. Mengonsumsi apel satu butir setiap hari, bahkan diyakini akan mencegah seseorang pergi ke dokter untuk berobat lantaran tubuh menjadi cenderung selalu sehat.

Makan apel dapat sekalian bersama dengan kulitnya. Pada kulit apel juga memiliki kandungan gizi yang sama bagusnya dengan daging buahnya. Oleh sebab itu, agar aman dalam mengonsumsinya sebaiknya pilih jenis apel yang diolah secara organik agar bebas pestisida. Kalau pun tidak mudah didapatkan, sebelum mengonsumsinya harus dibersihkan sampai dipastikan tidak ada pestisida atau lapisan lilinnya lagi.

Berikut ini berbagai manfaat makan apel yang bisa dirasakan dengan mengonsumsinya secara rutin:

  1. Menyetabilkan kolesterol. Kadar kolestero yang baik adalah seimbang agar bisa menopang kerja sistem tubuh dengan baik. Namun jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka apel dapat membantu menurunkannya. Dalam apel terdapat kandunga pektin yang merupakan bagian dari serat larut. Pektin dapat mengangkut kolesterol lalu membuangnya ke luar tubuh. Pembentukan plak di dalam arteri bisa dicegah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  2. Mencegah hadirnya Alzheimer. Ini adalah penyakit yang menyerang sarf otak. Penderitanya akan mengalami penurunan kemampuan mengingat hingga kemampuan kognitifnya. Dalam apel terdapat senyawa querceti yang berguna untuk menjaga kesehatan dari sel saraf otak (neuron) dari berbagai jenis kerusakan.

  3. Menyetabilkan kandungan gula darah di dalam tubuh. Apel termasuk buah yang bisa dimakan oleh penerita diabetes atau untuk mencegah kehadiran penyakit ini. Pasalnya apel punya fitonutrien dan antioksidan yang berperan dalam proses pengendalian gula darah. Polifenolnya diketahui juga mampu menyerap glukosa.

  4. Meningkatkan kekebalan tubuh. Fungsi ini dalam apel ditemukan melalui kandungan vitamin C. Selain membantu tubuh melawan radikal bebas termasuk patogen yang ikut masuk di dalam tubuh, vitamin ini turut mencegah katarak pada mata.

  5. Menyehatkan dan memperindah kult. Kandungan apel untuk kesehatan kulit adalah kolagen dan elastin. Keduanya adalah agen yang mampu menjadikan kulit tampak sehat dan terang. Antioksidan dalam apel ikut pula menjaga kulit dari kehadiran keriput dan tanda penuaan dini lainnya.

  6. Melegakan pernapasan. Bagi penderita asma, apel adalah buah piihan yang tepat untuk dikonsumsi. Pasalnya ada senyawa asam fenolik dan flavonoid yang dikenal mencegah kekambuhan gejala asma. Apel juga bagus untuk mencegah kehadiran jenis alergi lainnya.

  7. Mencegah dan melawan kanker. Senyawa dalam apel yang berguna untuk melawan kanker adalah quercetin dan triterpenoid. Antioksidan ini dapat melawan berbagai jenis kanker terutama kanker usus, kanker payudara, hingga kanker paru-paru.

  8. Mengendalikan berat badan. Kandungan serat apel sangat menyehatkan dan bisa menyerap lemak tubuh yang berlebihan. Lemak ini akan dibuang bersama dengan feses. Berkurangnya lemak akan menjadi bobot tubuh menurun. Untuk hasil lebih maksimal, disarankan juga melakukan olahraga dan pengaturan pola makan yang rendah lemak.

8 Manfaat Makan Apel Secara Rutin 8 Manfaat Makan Apel Secara Rutin Reviewed by Hepii on 01:16 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.