Inilah 6 Jenis Buah Kaya Air yang Memberikan Manfaat Cairan Tubuh

mangga

Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Banyak sekali manfaat cairan tubuh jika dipenuhi sesuai kebutuhan. Cairan ini membantu darah untuk tidak terjadi pengentalan. Jika darah mengental maka akan muncul beberapa masalah bagi kesehatan seperti meningkatnya tekanan darah dan kurang lancarnya distribusi oksigen maupun nutrisi makanan menuju jaringan.

Bahkan, kekurangan cairan tubuh hanya beberapa persen aja sudah menimbulkan gejala yang tidak nyaman di badan. Misalnya konsentrasi menjadi kacau dan kemampuan memorinya ikut menurun. Di samping itu proses kognitif otak juga menjadi tidak optimal. Badan juga cenderung lemas, lunglai, dan jika sudah parah dapat menyebabkan pingsan.

Oleh sebab itu, dalam keadaan tertentu, seseorang wajib terpenuhi kebutuhan cairan tubuhnya (terhidrasi) agar tidak sampai membuat akibat yang fatal. Contohnya sewaktu mengemudi, melakukan pekerjaan yang penuh risiko jika lengah, dan sebagainya. Pasalnya kalau konsentrasi pecah dapat menimbulkan kecelakaan yang merenggut korban jiwa.

Menyukupi kebutuhan cairan ini banyak jalannya. Selain dari minum air putih, juga bisa didapatkan dari menu sayur, buah-buahan, air kelapa, dan sebagainya. Kebutuhan minum seseorang berbeda-beda sesuai dengan berat tubuhnya. Namun rata-rata tubuh perlu asupan cairan antara 2 – 3 liter per hari. Kebutuhan ini tidak dicukupi dalam satu waktu, tapi bisa dikonsumsi sepanjang hari selama beraktivitas.

Dari sumber buah-buahan cukup banyak jenisnya yang membantu badan tetap terhidrasi. Inilah beberapa jenis buah yang memberikan manfaat cairan tubuh:

  1. Sebagian besar bagian dari semangka berupa air. Namun airnya semangka memiliki banyak sekali nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, hingga elektrolit. Semua nutrisi ini menyatu dalam kandungan air semangka yang mencapai 92 persen dari isi daging buahnya. Buah ini cocok sebagai pelepas dahaga dan membantu tubuh tetap terhidrasi. Seratnya bagus untuk melancarkan proses pencernaan.

  2. Buah stroberi juga mengandung banyak air. Kandungannya sekitar 92 persen dari seluruh isi daging buahnya. Selain punya kadar air sangat tinggi, stroberi dikenal memiliki antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas. Vitamin C-nya tinggi dan membantu menurunkan peradangan tubuh.

  3. Sama seperti semangka, buah melon kaya dengan air. Buah ini cocok juga sebagai pengganti air minum di kala tenggorokan terasa haus. Nutrisi dari melon juga menyatu dalam kandungan airnya.

  4. Inilah makanan super yang dikenal pula punya kandungan air cukup tinggi. Dalam apel banyak nutrisi yang penting seperti asam amino, mineral, antioksdan, dan vitamin. Gula alami dalam apel memberikan tambahan energi bagi tubuh karena mudah dimetabolisme. Makan apel seharu satu butir diyakini dapat mencegah seseorang mengalami sakit.

  5. Selain kaya dengan kandungan air, mangga juga penuh dengan serat yang merata di semua bagian daging buahnya. Paduan antara air dan serat ini menjadikan tubuh terhidrasi sekaligus melancarkan proses pencernaan.

  6. Buah jeruk turut memberikan manfaat cairan tubuh. Sebagian besar bagiannya berupa air yang tersimpar di bulir-bulirnya. Buah ini dikenal sangat kaya vitamin C.

Inilah 6 Jenis Buah Kaya Air yang Memberikan Manfaat Cairan Tubuh Inilah 6 Jenis Buah Kaya Air yang Memberikan Manfaat Cairan Tubuh Reviewed by Hepii on 04:32 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.