Kenali Penyebab Kuota Internet Anda Cepat Habis

Kuota internet habis


Punya smartphone atau ponsel pintar mesti lebih jeli dalam menggunakan paket data internet. Kadang karena terlalu asik mengakses beragam fitur yang memerlukan akses data, medadak kuota internet habis. Akibatnya beragam aplikasi lainnya ikut kena dampaknya lantaran akses data diblok oleh operator karena kuota habis. Whatsapp, BBM, Line, game online, dan sebagainya tidak bisa digunakan selama kuota internet belum diisi lagi.


Ada sebagian operator telekomunikasi yang menggratiskan akses data untuk penggunaan aplikasi tertentu. Namun hal ini masih terasa kurang jika Anda juga suka mengakses apliasi lain seperti YouTube atau browsing. Tanpa kuota internet utama, smartphone seakan lumpuh. Oleh sebab itu, saat ponsel memiliki kuota yang banyak, Anda mesti bisa mewaspadai penggunaan aplikasi yang kemungkinan menyedot data internet cukup banyak.


Jika Anda termasuk pengguna ponsel cerdas yang tidak terlalu sering menggunakan akses data keceatan tinggi, memilih paket internet unlimited bisa menjadi solusi. Namun biasanya paket internet seperti ini memiliki keterbatasan yakni kecepatan dikurangi begitu penggunaan data telah mencapai batasan tertentu.


Agar Anda bisa mewaspadai penggunaan data internet, berikut ada beberapa penyebab cepat habisnya penggunaan kuota internet seperti dikutip dari laman Kompas Tekno:



  1. Melakukan upload video ke You Tube. Proses unggah ini perlu kuota internet yang cukup banyak. Besar kecilnya data yang terpakai mengikuti pengaturan dari pengguna dan faktor lainnya. Contohnya untuk mengunggah video kelas high definition (HD) perlu penggunaan data sampai 200 MB hanya untuk tayangan satu menit. Oleh sebab itu tidak disarankan mengunggah video ke You Tube memakai internet dari kuota kartu yang dipakai di smartphone. Anda bisa mengunggah lewat akses wifi gratis.

  2. Mengobrol lewat video (video call). Penggunaan aplikasi video call Skype atau FaceTime bisa dengan cepat menguras kuota. Besaran pemakaian data mengikuti setting di aplikasi dan resolusi video. Dalam setiap menit kurang lebih akan memakan data sebanyak 3 MB. Gunakan fitur video call secara bijak.

  3. Game online. Banyak game online yang bisa diuduh lewat Play Store. Game seperti ini juga memerlukan akses data yang tinggi dan cepat. Main game online disarankan memakai akses internet kecepatan tinggi untuk kenyamanan.Jenis game realtime action termasuk yang menyedot data cukup banyak. Contoh game ini adalah Asphalt 8 dan Modern Combat 5: Blackout. Dalam setiap menit, dua game tersebut perlu asupan data sekitar 1 MB per menit.

  4. Streaming musik. Penggunaan smartphone untuk streaming musik bisa sangat boros pemakaian data. Musik ini dapat dimainkan selama ada akses internet. Anda juga tidak perlu menyimpan lagu ke dalam memori ponsel sehingga lebih praktis. Tahukah Anda? Penggunaan data untuk streaming musik selama satu menit kurag lebih 2,4 MB. Jika satu jam dihabiskan untuk streaming, maka perlu data sekitar 115 MB.

  5. Streaming video. Kebutuhan data untuk streaming video per menit mencapai 50 MB. Streaming yang satu ini penggunaan datanya memang yang paling tinggi saat ini. Seringkali streaming video dilakukan melalui situs You Tube.

Kenali Penyebab Kuota Internet Anda Cepat Habis Kenali Penyebab Kuota Internet Anda Cepat Habis Reviewed by Hepii on 18:49 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.