Inilah SPH-WP10, Smartwatch Samsung Jadul di Tahun 90-an

samsung smartwatch jadulSmartwatch atau jam tangan pintar ternyata pernah dibuat di tahun 90-an. Pionernya adalah Samsung. Kala itu melalui divisi mobile-nya, Samsung berhasil membuat ponsel yang penggunaanya dikenakan di sekitar pergelangan tangan layaknya sebuah jam. Jika dibilang smartwatch mungkin kurang tepat karena murni untuk sarana komunikasi. Namun setidaknya dari sinilah awal perkembangan smartwatch Samsung yang menunjukkan kemajuan sangat berarti di masa depan.

Dikutip dari laman Kompas, ponsel jam tangan tersebut diluncurkan pada tahun 1999. Nama dari jam tangan pintar ini adalah Samsung SPH-WP10. Pabrikan dari Korea Selatan itu menyatakan, peluncuran SPH-WP10 muncul karena terilhami dari film sci-fi. Di dalam salah satu adegannya ada aktor yang memakai jam tangan namun punya fungsi sebagai alat menelepon.

Fungsi utama dari jam tangan pintar tersebut masih sebatas kegunaan dasar. Jam ini bisa untuk menelepon dan mengirimkan pesan sms. Fungsi utama ini juga diadposti pada smartwatch masa kini. Kalau pun di zamannya teknologi internet sudah semaju seperti sekarang, bukan tidak mungkin Samsung juga akan membenamkan fitur internet di dalamnya.

Samsung SPH-WP10 memiliki berbagai kekurangan sekalipun bisa dibilang canggih pada zamannya. Layar yang ditanamkan cukup kecil sehingga kurang nyaman untuk dipandang. Selain itu cukup sulit untuk mengetik pesan sms menggunakan jam tersebut akibat ukuran terlalu mini. Jika diukur ketebalannya hanya sekitar 2 centimeter. Bobotnya kurang lebih 50 gram. Terdapat sebuah antena di bagian samping untuk menangkap sinyal lebih kuat.

Mari tengok kemampuan yang dimilikinya. Samsung SPH-WP10 memiliki layar monochrome dengan tombol fisik sebagai alat navigasi. Pada tombol fisik ada yang digunakan sebagai fitur perintah denga menggunakan suara. Saat dipakai untuk menelepon, jam tersebut kuat dipakai untuk mengobrol hingga 90 menit tanpa henti. Ini adalah waktu maksimal ketika baterai dari jam tangan pintar ini telah dicharge secara penuh. Fungsi lainnya sudah pasti bisa untuk berkirim sms.

Sayangnya, produk ini mungkin bisa dikatakan produk gagal. Pasalnya, Samsung tidak melanjutkan untuk membuat versi terbaru dari SPH-WP10. Awalnya produk ini dibuat untuk menyasar pangsa pasar anak muda. Ketika dirilis justru konsumen tidak merespons dengan baik. Sampai sekarang belum diketahui alasan kenapa barang yang cukup tren di masa sekarang tersebut, kurang laku di masanya.

Desas-desus yang beredar, kemungkinan penyebab kurang lakunya Samsug SPH-WP10 terkait tidak praktisnya pengoperasian jam tangan pintar itu. Navigasi cenderung menyulitkan sehingga konsumen menjadi kurang tertarik. Namun ada pula yang mengatakan bahwa konsep jam tangan pintar dianggap terlalu canggih untuk ukuran zaman tersebut.

Kenyataannya, saat ini justru smartwatch Samsung banyak penggemar. Samsung telah mengeluarkan Galaxy Gear dan Gear S yang mengisi lini jam tangan pintar berbasis Android. Konsumen yang melirik cukup banyak sebagai piranti pelengkap aktivitas mobile.
Inilah SPH-WP10, Smartwatch Samsung Jadul di Tahun 90-an Inilah SPH-WP10, Smartwatch Samsung Jadul di Tahun 90-an Reviewed by Hepii on 03:50 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.