Cegah Banjir, Komposisi APBD Harus Berubah!


Tentangbekasi.com, Cikarang Pusat - Bencana banjir yang masih saja mengancam kota Bekasi, membuat Ronny Hermawan, Anggota DPRD Kota Bekasi merasa gerah. Menurutnya, sudah saatnya pemerintah kota Bekasi membuat langkah yang berani dan serius guna menanggulangi banjir. Caranya, dengan mengubah komposisi Anggaran yang selama ini dikelola oleh Dinas Bina Marga Tata Air (Disbimarta), yakni dengan menggelembungkan anggaran untuk perbaikan drainase lewat pemangkasan anggaran untuk perbaikan jalan. Tidak seperti yang berlaku selama ini, dimana Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang ditetapkan pemerintah Kota Bekasi lewat Disbimarta berkomposisi 85 % untuk perbaikan jalan, dan hanya 15 % untuk perbaikan drainase.
Anggota Komisi A DPRD Kota Bekasi Ronny Hermawa
















“Pemerintah eksekutif pada tahun 2012 lalu sudah saya tantang, berani tidak membuat komposisi yang terbalik, yakni mendongkrak anggaran untuk perbaikan drainase menjadi 80 persen, dan mengurangi anggaran untuk perbaikan jalan menjadi 20 persen,“ ungkap Ronny menceritakan upayahnya dalam memperjuangkan Bekasi bebas banjir sejak tahun 2012.
Tantangan tersebut menurut Anggota DPR Kota Bekasi ini merupakan langkah awal, untuk selanjutnya menuju ke langkah berikutnya, yakni mengukuhkan komposisi anggaran yang baru lewat peraturan daerah (perda) yang berlaku sampai lima tahun ke depan.
”Jika sudah ditetapkan dalam perda, siapapun nanti yang menjadi pemimpin daerah, komposisi yang sudah ditetapkan tersebut tidak bisa lagi diubah sampai selesainya proyek drainase,” terang Ronny yang mencalonkan diri kembali untuk Dapil Bekasi Timur.
Ditambahkan oleh Ronny bahwa tantangan yang disampaikannya saat menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Kota Bekasi saat itu, awalnya dijawab positif oleh para pejabat pelaksana anggaran.
“Semula Kepala Dinas mengiyakan saja, tapi begitu dilaksanakan rapat paripurna, dan palu diketuk, darr..! Keputusan yang diambil jadi berbeda lagi, dengan tetap memberikan anggaran yang lebih besar untuk perbaikan jalan. Entah kenapa bisa begitu, saya tidak tahu. Mungkin karena keuntungan yang diperoleh dari proyek perbaikan jalan lebih banyak daripada perbaikan drainase,” pungkas Ronny dengan nada rendah dan penuh rasa kecewa.(*) (Agus)


















 (Kredit: beritabekasi.co)


Cegah Banjir, Komposisi APBD Harus Berubah! Cegah Banjir, Komposisi APBD Harus Berubah! Reviewed by Agus Kurniawan on 14:34 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.