Tertibkan PKL , Pemkot Bekasi Harus Tiru Pemkot Bandung


Tentangbekasi.com, Cikarang Pusat  Persoalan Pedagang Kaki Lima (PKL) belum juga mampu dipecahkan oleh Pemda Bekasi. Salah satu diantaranya adalah banyaknya PKL yang memenuhi badan jalan di depan Atrium Pondogede, sehingga kemacetan lalu lintas terjadi hampir sepanjang hari.
Deretan PKL di depan Atrium Pondokgede 
(Foto: RADAR BEKASI)
Keberadaan PKL di depan Atrium Pondokgede itu sendiri sebenarnya kerap ditertibkan. Namun upaya Satpol PP untuk meneertibkan para PKL tersebut rupanya hanya memberi hasil sesaat, karena para PKL kembali membuka dagangannya di tempat yang sama. Karena itulah, Kasi Trantib, Abdul Hamid, meminta agar Pemkot Bekasi menerapkan cara yang dilakukan Pemkot Bandung dalam mengatasi PKL, yakni tidak hanya membidik para pedagangnya saja, tapi juga para pembeli. Jika hal tersebut diterapkan, dia yakin masalah PKL di Pondokgede akan dapat segera selesai.
’’Karena personil yang terbatas, Satpol PP merasa kesulitan dalam menertibkan PKL. Disamping itu, ada kekhawatiran dapat memicu terjadinya bentrok, karena ada oknum preman yang berada di balik layar. Karena itu, kami mengusulkan agar Pemkot segera mengeluarkan kebijakan untuk menindak juga para pembelinya dan bukan hanya menindak para PKL sebagaimana yang selama ini dilakukan,” kata Abdul Hamid.
Terkait dengan kemacetan yang kerap terjadi di depan atrium Pondokgede, Ropendi, salah seorang petugas Dishub mengungkapkan bahwa pihak Dishub setiap pagi dan sore sebenarnya sudah menurunkan petugas untuk mengatur lalu lintas.
’’Lantaran banyak angkot yang ngetem dan PKL yang memakan bahu jalan, kemacetan tetap saja selalu terjadi,” terang Ropendi.
Masih banyaknya PKL yang membandel, menurut Rachmawati (33), salah satu pedagang sayur, yang mangkal di pinggir jalan, disebabkan karena banyak PKL yang tidak mampu menyewa kios di dalam pasar.
’’Biaya sewa ruko di Pasar Pondokgede terlalu mahal buat para pedagang kecil. Karena tidak mampu menyewa, saya pun membuka  lapak di sini. Untuk berjualan di pasar lama, kondisinya juga tidak memungkinkan karena sepi dari pembeli,” pungkas Rachmawati. (*) (Agus)

Kredit: RADAR Bekasi
Tertibkan PKL , Pemkot Bekasi Harus Tiru Pemkot Bandung Tertibkan PKL , Pemkot Bekasi Harus Tiru Pemkot Bandung Reviewed by Agus Kurniawan on 17:59 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.