5 Penyebab Pengisian Baterai Smartphone Tidak Cepat Penuh

charge

Pernahkah mendapati smartphone yang dicharge mengisi baterai sebentar saja, atau baterai tidak cepat penuh? Kejadian ini dialami oleh banyak orang dan penyebabnya pun beragam. Oleh sebab itu, perlu untuk menggali penyebabnya dahulu sebelum memberi vonis baterai telah drop akibat termakan keausan.

Sangat wajar bila ponsel pintar lebih sering dicharge karena sering dipakai untuk akses data. Normalnya dalam sekali charge perlu waktu 1-2,5 jam sampai penuh. Namun beberapa ponsel ada yang didesain bisa penuh baterainya dengan mengisinya selama 30 menit. Merek Oppo salah satunya yang merilis sebuah produk ponsel dengan fitur Fast Charging. Hanya saja bila ponsel tampak terisi penuh sangat cepat dari waktu normal sesuai masing-masing ponsel, ini yang perlu dicari penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab baterai tidak segera terisi secara penuh:

  1. Masalah pada kabel. Cara menyimpan kabel charger yang salah dapat memicu kerusakan. Misalnya dilipat, diputar, hingga dipelintir dapat membuat komponen di dalam kabel mengalami masalah. Jika kabel charger sering dilipat, maka usia ekonomisnya berkurang lebih cepat. Kadang ditemui lilitan di dalamnya putus sehingga sama sekali tidak ada hantaran arus. Efek lainnya arus listrik jadi putus-nyambung. Hantaran listrik pun kemungkinan lebih lambat jika kabel telah aus. Ini terjadi pada charger yang sudah tua. Lakukan ujicoba isi baterai memakai charger lain. Jika kembali normal, maka penyebabnya adalah kabel charger Anda.

  2. Sumber listrik mengalami masalah. Ini dipicu oleh buruknya kualitas piranti listrik di rumah. Rumah tua kadang menurun kualitas daya listriknya. Akibatnya proses isi ulang baterai berjalan tidak optimal. Untuk menguji benar tidaknya masalah terjadi pada listrik di bangunan, coba tancapkan charger di bangunan lain. Jika kembali proses charging kembali normal, mungkin penyebabnya hal tersebut.

  3. Adaptor charger rusak. Permasalahan pada charger bisa karena kabel dan isi pada kepala chargernya. Dalam kepala charger berisi adoptor untuk mengatur ukuran arus yang akan masuk ke dalam baterai ponsel. Adaptor yang rusak otomatis menyebabkan penurunan daya, atau bahkan sama sekali tidak bisa untuk mengisi baterai. Uji masalah dengan menggunakan charger lain untuk menganalisa penyebab. Jika harus membeli baru, usahakan memilih charger original untuk mendapatkan arus listrik yang sesuai dengan spesifikasi smartphone.

  4. Ponsel mengalami masalah dalam hardware. Lambatnya pengisian daya akan terganggu kalau piranti keras di dalam ponsel bermasalah. Misalnya prosesor telah usang sehingga kurang mendukung pengisian baterai secara cepat. Atau mungkin, ada komponen IC yang bocor sehingga baterai terus menerus terkuras daya. Kalau urusan ini, lebih tepatnya segera menghubungi service center terdekat atau bengkel ponsel untuk mengecek. Saat komponen dalam ponsel bermasalah, pengisian baterai bisa lebih dari waktu normal.

  5. Isi baterai sembari mengoperasikan smartphone. Inilah kebiasaan pengguna ponsel saat ini yang suka mengoperasikan smartphone sembari melakukan charge. Sudah pasti kebiasaan ini bakal membuat baterai lebih lama untuk terisi penuh.

5 Penyebab Pengisian Baterai Smartphone Tidak Cepat Penuh 5 Penyebab Pengisian Baterai Smartphone Tidak Cepat Penuh Reviewed by Hepii on 03:13 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.