7 Makanan Alami Ini Punya Vitamin C Tinggi

tomat

Vitamin C sangat populer untuk diberikan pada orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti flu, pilek, demam, hingga untuk pemulihan setelah sakit. Vitamin C dikenal dapat menyetimulasi peningkatan sistem kekebalan tubuh. Semakin kuat imunitas, maka banyak penyakit yang bisa diusir dari tubuh dan mengembalikan kebugarannya.

Suplemen vitamin C memang dengan mudah ditemukan di apotek. Namun, ada baiknya memenuhi vitamin ini melalui cara alami lewat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Selain dapat memberikan vitamin C, kebaikan nutrisi lain bisa didapat. Misalnya serat, antioksidan, mineral, dan jenis vitamin lainnya. Makin kompleks nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan alami tersebut, tubuh mendapatkan kebaikan yang lebih luas.

Sementara itu, kebutuhan vitamin C ada setiap orang beragam. Orang yang terbiasa merokok, minum kopi, atau minum alkohol memerlukan vitamin C lebih banyak. Kasus perokok, misalnya, setiap kali merokok dapat mengurangi jumlah vitamin ini pada tubuh hingga 25 persennya. Orang yang makan obat anti-kejang, antibiotik tetrasiklin, anti-arthritis, obat tidur, dan kontrasepsi oral juga perlu lebih banyak vitamin C. Vitamin tersebut juga diperlukan ketika stres, demam, infeksi, dan aktif berolahraga.

Jika ingin memenuhi vitamin C dari makanan alami, ada banyak jenis buah dan sayuran yang tepat untuk dimakan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Dalam dua cangkir kubis terdapat 160,8 miligram vitamin C. Makan kubis dengan jumlah sedikit saja secara rutin, berguna dalam mencegah sariawan hingga kanker .

  2. Pada setiap 100 gram setroberi terdapat vitamin C sebanyak 56,7 miligram. Cukup dengan makan 8 butri stroberi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Stroberi juga dikenal sebagai pemutih gigi dan obat jerawat alami.

  3. Kembang kol. Sekalipun kecil, kemban g kol kaya dengan antioksidan. Kemampuannya melawan berbagai kanker sama seperti brokoli. Sementara untuk vitamin C di dalamnya ada 50 miligram dalam setiap 100 gramnya.

  4. Jumlah vitamin C pada brokoli sangat tinggi mencapai 118 miligram per 100 gram. Brokoli diketahui menjadi makanan pendamping terapi kanker. Pasalnya, brokoli dapat mencegah dan membunuh sel kanker , serta melakukan proses detoksifikasi. Manfaat lainnya adalah merawat kulit, mencegah anemia, mencegah gangguan lambung, dan menyehatkan jantung.

  5. Meski pedas, kandungan vitamin C pada cabe mencapai 84 miligram per 100 gram. Tidak heran jika orang zaman dulu meresepkan makan sambal pedas jika sedang mengalami sariawan. Bukan vitamin C-nya saja yang mendorong penyembuhan, tapi zat capsaicin pada cabe juga ikut berperan. Capsaicin adalah zat yang memicu rasa pedas khas cabe.

  6. Jambu biji. Buah penuh biji kecil ini punya vitamin C sebanyak 108 miligram di setiap 100 gram. Angka ini hampir menyamai brokoli. Jambu biji diketahui turut mendorong peningkatan trombosit darah dan kerap diberikan untuk pasien demam berdarah maupun anemia. Selain itu baik pula dalam menurunkan kolesterol dan obat diare.

  7. Tomat. Kandungan vitamin C dalam tomat adalah 34 miligram per 100 gram. Di samping itu, tomat memiliki antioksidan khas yang dinamakan likopen. Likopen sering dikaitkan memberika pencegahan dan pengobatan terhadap kanker payudara menurut beberapa penelitian.

7 Makanan Alami Ini Punya Vitamin C Tinggi 7 Makanan Alami Ini Punya Vitamin C Tinggi Reviewed by Hepii on 22:50 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.