5 Cara Membuat Sirup Obat Batuk dari Bahan Alami

batuk kering

Batuk adalah penyakit yang cukup menyiksa. Jika batu sudah agak parah, seseorang kadang sampai tidak bisa tidur malam lantaran tenggorokan terasa cukup gatal Lendir pun seakan mengumpul di kerongkongan pada kasus batuk berdahak, sehingga memunculkan reaksi ingin terus batuk. Batuk sendiri adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang mengganggu sistem pernapasan. Hanya saja infeksi dari bakteri atau virus yang lebih kuat, membuat lendir lebih sering terproduksi untuk sarana pertahanan alami.

Untuk mempercepat penyembuhan, seringkali diresepkan sirup obat batuk konvensional sesuai dengan jenis batuknya. Pada batuk berdahak diberikan obat yang sifatnya ekspektoran atau mempermudah pengeluaran dahak. Sementara untuk batuk kering diberikan jenis antutusif untuk menekan rasa ingin batuk.

Meski begitu ada cara yang lebih alami untuk obat batuk yakni dengan menggunakan berbagai ramuan bahan di sekitar kita. Berikut ini berbagai resep obat batuk yang mengambil manfaat dari bahan-bahan dari alam:

  1. Resep 1: Sirup bawang putih, bawang merah, dan madu. Cara meramunya adalah dengan menyampurkan semua bahan di setengah gelas air. Cincang satu suing bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan dalam gelas. Tambahkan dengan satu sendok makan madu murni. Diamkan semua bahan semalaman sebelum dikonsumsi. Gunakan untuk mengobati batuk Anda dan simpan sisanya di dalam lemari es. Dalam ramuan ini dapat pula ditambahkan sejumput sage, thyme, atau oregano.

  2. Resep 2: Kencur, kulit jeruk, dan jahe. Siapkan 10 gram kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan, 25 gram kencur kupas, dan 25 gram jahe kupas. Iris semuanya menjadi tipis-tipis lalu rebus dengan 400 cc air. Biarkan sampai tersisa 200 cc. Saring dan minum selagi hangat. Minum sirup obat batuk alami ini dua kali dalam sehari.

  3. Resep 3: kulit jeruk mandarin dan labu. Rebus 10 gram kulit jeruk mandarin kering dengan 250 gram labu segar di dalam 600 cc Rebus sampai airnya tersisa 300 cc. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat cenderung panas. Batuk akan menurun intensitasnya dengan konsumsi secara rutin.

  4. Resep 4:Kunyit dan madu. Ramuan ini cocok untuk mengatasi batu kering. Siapkan kunyit yang telah ditumbuk dan seduh dengan air panas. Tambahkan dengan madu murni secukupnya. Minum obat batuk ini 2-3 kali sehari. Kunyit memiliki sifat antiradang yang dapat menurunkan inflamasi di saluran napas.

  5. Resep 5: Seledri dan Madu. Kedua bahan ini juga bagus untuk menyembuhkan batuk kering. Siapkan 30 gram seledri lalu potong kecil-kecil. Rebus seledri menggunakan 3 gelas air dan sisakan hingga satu gelas. Ambil airnya dan tambahkan madu saat suhunya sudah hangat. Minum dua kali sehari di waktu pagi dan petang.

5 Cara Membuat Sirup Obat Batuk dari Bahan Alami 5 Cara Membuat Sirup Obat Batuk dari Bahan Alami Reviewed by Hepii on 00:32 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.