6 Makanan Ini Bisa Bikin Ginjal Sehat Sampai Tua

ginjal

Jangan menunggu sampai tua untuk merawat ginjal sehat. Ini adalah organ penting yang berguna untuk menyaring limbah racun di dalam darah lalu mengeluarkannya lewat urin. Jika racun menetap di tubuh maka bisa mengundang gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, banyak penderita gagal ginjal memiliki tubuh lemas dan bermasalah kesehatannya lantaran racun yang ada di dalam darah tidak bisa dinetralisasi. Mereka mesti melakukan cuci darah (haemodialisa) untuk mengembalikan kesehatannya.

Kerja ginjal 24 jam tanpa henti untuk memurnikan darah. Gangguan kecil saja bisa membuat fungsi ginjal kacau. Contohnya saja, hadirnya batu ginjal dapat merusak organ tersebut. Tekstur batu tersebut yang tidak beraturan dan tajam, dapat merobek jaringan di sana. Menjaga ginjal dengan mencegah berbagai hal yang merusaknya benar-benar penting.

Di samping itu, ada beberapa minuman yang ternyata turut meningkatkan fungsi ginjal. Bahan alami ii mencegah kerusakan ginjal dan menjaganya dalam kondisi prima. Berikut beberapa bentuknya:

  1. Minuman teh ini termasuk tonik kuno yang dikenal dapat membersihkan ginjal dan menjaganya dalam keadaan baik. Untuk membuatnya, cukup rebus 1-2 sendok makan bubuk organik akar dandelion sampai mendidih dan biarkan tersisa setengahnya. Dinginkan, saring, lalu diminum.

  2. Kunyit dan jahe. Paduan kedua rempah ini akan memberikan tubuh manfaat dari antioksidan dan sifat antiinflamasi yang kuat. Hal ini dapat mendorong kesehatan ginjal. Cukup seduh jahe parut dengan sejumput bubuk kunyit dalam segelas air panas, lalu saring saat sarinya larut di dalamnya. Saring airnya seduhan itu dan minum selagi panas. Kalau perlu, tambahkan madu secukupnya untuk menambah khasiat.

  3. Jus cranberry. Jus cranberry adalah tonik yang sangat baik untuk ginjal. Cranberry mengandung senyawa yang disebut kina. Fungsinya, ketika masuk ke tubuh akan diubah menjadi asam hipurat. Asam ini berguna dalam menetralisasi urea, asam urat, dan limbah lainnya pada ginjal. Efeknya adalah semua limbah tersebut benar-benar terbuang dari tubuh. Cranberry juga bisa dikonsumsi dalam bentuk utuh atau dimakan langsung buahnya.

  4. Bawang putih. Bawang putih memiliki beberapa cara dalam melindungsi dan meningkatkan kesehatan ginjal. Pertama, bawang putih bertindak sebagai diuretik atau pelancar urin alami dengan jalan meningkatkan produksi urin. Hal tersebut membuat ginjal mengeluarkan limbah dari tubuh. Perlindungan selanjutnya dari bawang putih adalah memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada ginjal.

  5. Sayur ini melindungi dan meningkatkan fungsi ginjal dengan cara berguna sebagai diuretik alami. Seseorang menjadi lebih mudah buang air kecil sehingga racun-racu tubuh ikut terbuang. Air dalam mentimun turut membuat tubuh terhidrasi.

  6. Kacang merah. Dalam kacang merah ada senyawa yang disebut arginin. Ini adalah zat yang dapat membersihkan ginjal dari limbah bernama amonia.

6 Makanan Ini Bisa Bikin Ginjal Sehat Sampai Tua 6 Makanan Ini Bisa Bikin Ginjal Sehat Sampai Tua Reviewed by Hepii on 23:39 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.