5 Makanan Ini Punya Vitamin A Cukup Tinggi

mangga

Mendapatkan vitamin A sangatlah mudah. Nutrisi ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi beragam jenis sayuran dan buah. Rata-rata vitamin A bisa ditemukan di sebagian besar makanan alami tersebut walaupun tiap jenisnya dimungkinkan memiliki kadar yang saling berbeda. Ada sebagian yang cukup banyak kandungan vitamin A-nya, dan ada juga yang sedikit.

Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Dengan vitamin ini dapat terhindari dari degenerasi makula. Vitamin turut membantu proses produksi sperma, emelihara integritas sel epitel, hingga memengaruh pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Namun tidak disarankan terlalu banyak memenuhi asupan vitamin ini yang justru bisa menimbulkan kerugian.

Jika suatu saat Anda memerlukan makanan yang mempunyai kandungan vitamin A cukup tinggi, mungkin jenis makanan berikut dapat dikonsumsi dan bisa diperoleh dengan mudah di sekitar Anda:

  1. Mangga memiliki kandungan vitamin A sebesar 1785 IU per 100 gram. Dengan jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian hingga 36 persen dari yang direkomendasikan. Serat mangga cukup padat dan berguna untuk melancarkan pencernaan. Selain itu cocok untuk orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan lantaran hanya punya 107 kalori.

  2. Buah persik memiliki kandungan vitamin A hingga 498 IU. Artinya, mengonsumsinya dalam takaran seperti itu sudah bisa menyukupi asupan harian hingga 10 persen dari yang direkomendasikan. Buah ini hanya memiliki 59 kalori dan dipenuhi dengan bergam jenis mineral. Contohnya kalium, kalsium, forfor, dan vitamin C. Berbagai mineral ini berguna pula untuk menyehatkan jantung.

  3. Buah pepaya sangat mudah tumbuh dan berbuah di berbagai tempat di Indonesia. Rasa daging buahnya yang merah-oranya sangat manis saat matang. Dan, dalam 100 gram pepaya terdapat setidaknya 1.444 IU vitamin A atau sekira 29 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Pepaya juga kaya dengan antioksidan yang mampu melawan kanker. Buah ini sering dipakai untuk obat sembelit lantaran memiliki zat khusus yang mampu melunakkan tinja keras.

  4. Melon jingga. Melon ada beberapa jenis yaitu berdaging hijau dan jingga. Untuk melon jingga diketahui memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi yaitu mencapai 5.986 IU dalam setiap 100 gram. Jumlah ini memenuhi 120 persen asupan harian yang diperlukan tubuh. Melon juga rendah lemak namun kaya serat. Kandungan airnya yang sangat banyak membantu mengatasi dehidrasi.

  5. Buah yang disukai oleh kelinci ini memiliki kandungan vitamin A hingga 16.706 IU dalam 100 gram. Itu masih ditambah dengan kandungan antioksidan beta karoten yang mencapai 8.285 miligram. Wortel memang istimewa. Dengan nutrisi yang dimilikinya mampu melindungsi tubuh dari kanker kulit, kanker paru-paru, hingga kanker rongga mulut.

5 Makanan Ini Punya Vitamin A Cukup Tinggi 5 Makanan Ini Punya Vitamin A Cukup Tinggi Reviewed by Hepii on 04:58 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.