Ini Keuntungan Mengonsumsi Sayuran Rebus

sayuran rebus

Kebanyakan orang makan sayuran dengan cara direbus terlebih dahulu ketimbang mengonsumsinya dalam kondisi mentah (raw food). Merebus sayuran memang akan menghilangkan bau langu yang mungkin tertinggal. Sehingga, seseorang menjadi lebih mudah untuk menelannya. Di samping itu, memadukan sayuran bersama bumbu rempah akan menjadikan masalah terasa lebih sedap.

Hanya saja sayuran rebus menyisakan masalah terkait dengan gizi di dalamnya. Nutrisinya dapat rusak ketika mendapatkan panas berlebih. Dengan memasak sayuran di suhu 40 derajat Celcius saja kemungkinan enzin-enzim penting di dalamnya hilang. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, merebusnya tidak dilakukan dalam jangka waktu lama dan api besar. Khusus untuk brokoli, mengonsumsinya cukup dikukus selama tiga menit saja. Lebih dari itu dapat rusak kandungan gizinya.

Tapi, sayuran rebus tetap akan memberikan manfaat. Apalagi, menggabungkan beragam jenis sayur makin memperkaya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa manfaat makan sayuran rebus yang dimasak secara hati-hati antara lain sebagai berikut:

  1. Lebih aman dikonsumsi. Dalam air yang mendidih mikroorganisme akan mati. Ini membuat Anda lebih aman untuk memakannya tanpa takut dengan risiko kemungkinan terinfeksi.

  2. Nutisi terjaga. Beberapa jenis sayuran masih terjaga nutrisinya ketika direbus. Contohnya adalah wortel, zucchini, dan brokoli.

  3. Menurunkan resiko sejumlah penyakit. Menggabungkan berbagai jenis sayuran ke dalam sebuah masakan sayur dapat bermanfaat untuk mencegah hadirnya penyakit. Misalnya penyakit jantung, kanker, obesitas, dan sebagainya. Tubuh juga cenderung merasa bugar.

  4. Kaya dengan antioksidan. Rebusa sayur dapat menefektifkan kandungan antioksidan di dalamnya. Zat ini dapat menetralisasi kehadiran radikal bebas yang ada di tubuh akibat oksidasi. Radikal bebas diketahui menimbulkan berbagai masalah seperti tumor, kanker, penuaan, dan sebagainya.

  5. Memaksimalkan manfaat sayuran hijau. Sebuah studi menemukan, beberapa sayuran hijau memberikan manfaat maksimal ketika direbus. Contohnya adalah bayam dan klabet.

  6. Mengontrol berat badan. Sayuran adalah sumber yang baik dari serat. Serat merupakan nutrisi yang dapat mengikat lemak di dalam usus. Oleh sebab itu jangan heran jika banyak orang-orang yang mengonsumsi sayuran cenderung memiliki berat badan terkontrol. Mereka tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk lantaran tubuh mereka menyesuaikan pada proporsi tubuh yang ideal. Lemak yang terlalu banyak di saluran cerna dapat menimbulkan masalah seperti kanker usus besar.

  7. Mudah dikunyah. Ada beberapa jenis sayuran yang jika dimakan secara mentah cenderung kenyal dan alot waktu dikunyah. Misalnya sawi hijau, kangkung, dan sebagainya. Beberapa jenisnya juga lumayan keras saat digigit seperti wortel. Dengan merebus sayuran terlebih dahulu akan mempermudah saat dikunyah.

  8. Rasa sayuran menjadi lebih enak. Tidak dipungkiri saat merebus sayuran akan dilibatkan beragam bumbu dapur dalam prosesnya. Inilah yang menjadikan sayuran rebus lebih enak dan digemari untuk dikonsumsi. Bumbu dapur tersebut – seperti kencur, jahe,lengkuas, dan sebagainya – sama bermanfaatnya seperti bahan sayuran utamanya.

Ini Keuntungan Mengonsumsi Sayuran Rebus Ini Keuntungan Mengonsumsi Sayuran Rebus Reviewed by Hepii on 03:28 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.