6 Manfaat Tomat untuk Tubuh Sehat

tomat kacamata

Tomat adalah jenis sayuran yang tidak bisa diremehkan manfaatnya. Dalam tomat matang yang sekecil itu, didapatkan beragam nutrisi yang menyehatkan. Di antaranya adalah vitamin A, C, likopen, betakaroten, hingga flavanoid lainnya. Manfaat tomat  bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur.

Berikut ini manfaat tomat yang bisa diperoleh dengan menjadikannya salah satu menu dalam pola makan harian:

  1. Membantu meningkatkan kemampuan mata untuk melihat. Tomat penuh dengan kandungan antioksidan yang dikenal membantu meningkatkan penglihatan dan menghidarkan dari masalah rabun senja maupun degenerasi makula. Vitamin A dalam tomat juga baik untuk mata Anda. Vitamin yang sama bisa didapatkan pula dari daging sapi atau hati ayam, wortel, susu, kale, ubi jalar, minyak zaitun, dan bayam.

  2. Menurunkan risiko kanker. Antioksidan likopen adalah zat pelawan kanker yang alami. Senyawa ini membantu menurunkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker ovarium dan kanker ginjal. Likopen dapat diperoleh pula dari jambu biji, semangka, pepaya, jeruk, paprika merah, asparagus, kubis merah, mangga, dan wortel.

  3. Membantu menurunkan berat badan. Tomat kaya dengan air dan serat. Keduanya menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Hal tersebut secara efektif menolong dalam penurunan berat badan. Makan lebih banyak tomat dalam menu diet, membantu penurunan bobot tubuh lebih cepat tanpa menjadikannya masuk sebagai cadangan kalori atau lema Tomat cocok digunakan sebagai camilan atau ditambahkan pada salad, sandwich, sup, semur, dan sebagainya.

  4. Mengendalikan tekanan darah. Vitamin K yang ada dalam tomat dapat membantu mengontrol tekanan darah. Nutrisi lain yang mendukung hal ini adalah vitamin A, zat besi, dan potasium. Semuanya mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengendalikan tingkat tekanan darah pada ukuran yang Makanan lain yang berguna pula untuk menurunkan tekanan darah antara lain acai berry, blueberry, plum, delima, kubis, bit, brokoli, bayam, bawang putih, dan bawang merah.

  5. Mengurangi peradangan kronis. Bagi penyandang masalah peradangan seperti arthritis, makan tomat dapat membantu meringankan rasa sakit. Tomat mengandung bioflavonoid dan karotenoid dalam jumlah tinggi. Senyawa ini berperan sebagai agen anti-inflamasi alami yang bisa disandingkan dengan obat-obatan antiradang. Makanan lain yang cocok dipadukan dengan tomat untuk melawan inflamasi adalah ara, bayam, cabai, dan nanas.

  6. Menjaga kesehatan kulit. Tomat memiliki antioksidan beta-karoten dan likopen yang secara aktif membantu melindungi kulit terhadap kerusakan dari paparan sinar matahari. Komponen sinar ini yang merusak kulit adalah ultraviolet. Beberapa keburukan dari ultraviolet adalah munculnya keriput. Mengonsumsi tomat dengan rutin membantu kulit Anda terlihat muda dan jauh dari masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan garis-garis halus. Makanan lain yang juga menjadikan kulit sehat adalah apel, keluarga buah berry, kacang kenari, kacang merah, biji-bijian, mangga, brokoli, dan biji bunga matahari.


 
6 Manfaat Tomat untuk Tubuh Sehat 6 Manfaat Tomat untuk Tubuh Sehat Reviewed by Hepii on 04:24 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.