7 Biji Buah Ini Bisa Dimakan dan Punya Manfaat Bagi Tubuh

pepaya biji

Selain mengambil manfaat dari daging buah, beberapa jenis buah ternyata memiliki biji yang sama bermanfaatnya saat dikonsumsi. Biji buah ini tidak beracun seperti halnya kabar dari mitos-mitos yang berkembang. Sebalikya, di dalam biji-biji ini terkandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Jadi kalau Anda mau, biji tersebut dapat diolah dan dijadikan kudapan lezat.

Setidaknya ada 7 jenis biji buah-buahan yang cukup aman untuk dimakan. Anda bisa mendapatkannya secara mudah dari berbagai macam buah yang ada di sekitar kita. Berikut beberapa buah yang bijinya dapat dimakan dan memberikan manfaat bagi tubuh seperti dikutip dari laman Natural News:

  1. Biji semangka. Kebanyakan orang yang mengonsumsi semangka, akan memakan daging merah muda yang banyak airnya dan mengeluarkan biji kecilnya. Justru biji tersebut dapat langsung dikunyah dan dimakan. Biji semangka mengandung nutrisi seperti vitaminB, seng, dan magnesium. Nutrisi ini diperlukan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh, mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan menjaga sistem saraf. Biji ini juga bisa dijadikan kuaci. Namun hindari untuk memberinya garam agar membuatnya tetap sehat sebagai camilan.

  2. Biji jeruk. Biji jeruk memilih warna putih dan pahit. Apapun jenis jeruknya seperti lemon, jeruk buah, limau, jeruk bali, jeruk keprok, dan lainnya dapat bermanfaat bagi tubuh. Dalam biji ini ada kandungan asam lemak omega untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Ada pula asam salisilat berguna seperti aspirin dalam meringankan rasa sakit dan nyeri. Asam salisilat digunakan untuk merawat kulit dari datangnya jerawat.

  3. Biji pepaya. Biji pepaya memiliki sifat sebagai antiseptik. Biji ini juga mampu melancarkan kerja perncernaan. Mengonsumsi biji ini dapat membebaskan tubuh dari infekasi parasit dan masalah pencernaan. Dalam biji pepaya terkandung enzim seperti papain dan carpaine. Nutrisi tersebut turut membantu pula dalam mengurangi peradangan di sistem pencernaan, lalu membersihkan racun yang menimbulkan masalah susah buang air besar.

  4. Biji pir. Isu yang berkembang terkait biji buah pir yaitu adanya kandungan sianida di dalamnya. Jika konsumsinya berlebihan maka dapat membahayakan tubuh. Namun biji buah pir justru punya kandungan antioksidan lebih tinggi ketimbang kadar sianida. Antioksidan tersebut turut membantu mencegah kanker untuk tipe tertentu.

  5. Biji apel. Isu soal biji apel sama dengan biji buah pir, yaitu engandung sianida. Namun nutrisi pentingnya sebenarnya jauh lebih banyak dibanding sianida. Ditemukan pula vitamin B17 yang membantu menjaga sistem saraf dan mencegah kanker.

  6. Biji alpukat. Biji alpukat cukup besar dan terlihat sulit dimakan. Tapi, cara mengonsumsinya bisa dilakukan dengan menggilignya atau dihancurkan lewat food processor. Biji alpukat kaya dengan serat, antioksidan dan kalium. Ketiga nutrisi ini dapat mencegah penyakit jantung, stroke, penyakit usus, kanker, dan peradangan dalam tubuh.

  7. Biji markisa. Dalam biji markisa terdapat antioksidan yang sangat kuat dan kadar tinggi dari magnesium. Nutrisi ini berguna untuk mencegah penyakit Alzheimer, penyakit jantung, arthritis, demensia, diabetes, penuaan, dan gangguan pencernaan.

7 Biji Buah Ini Bisa Dimakan dan Punya Manfaat Bagi Tubuh 7 Biji Buah Ini Bisa Dimakan dan Punya Manfaat Bagi Tubuh Reviewed by Hepii on 02:50 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.