8 Buah Warna Merah yang Punya Banyak Manfaat

semangka dimakan

Semua jenis buah memiliki manfaat bagi kesehatan. Di antara sekian banyak jenisnya itu, ada buah yang memiliki pigmen warna merah pada daging dan kulitnya. Pigmen ini sebenarnya zat yang justru memiliki banyak khasiat. Di sana tersusun dari senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Ini tidak terbatas pada pigmen merah saja. Pigmen hitam atau ungu seperti yang terdapat pada anggur sama pula mengandung antioksidan.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang kadang menyarankan untuk mengonsumsi buah beserta kulitnya. Selain akan mendapatkan banyak khasiat dari daging buahnya, kulitnya pun turut melengkapi manfaat yang ada. Inilah kehebatan nutrisi buah. Namun tidak semua buah-buahan dapat dikonsumsi bersama kulit karena tekturnya yang keras.

Berikut ini beberapa contoh buah warna merah yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi harian sebagaimana dikutip dari laman Boldsky:

  1. Buah yang merah merekah pada seluruh dagingnya yang matang ini, sekitar 95 persennya berupa air. Namun jangan salah sangka kalau tidak bermanfaat. Justru air semangka menyuplai kebutuhan cairan tubuh dan punya banyak nutrisi. Buah semangka berguna untuk membuang racun di dalam tubuh beserta serat yang dimilikinya.

  2. Stroberi adalah buah kecil namun kaya dengan vitamin C. Buah ini diyakini memiliki manfaat dalam menurunkan peradangan di dalam tubuh. Banyak penyakit kronis yang awalnya dari peradangan seperti kanker, tumor , perlukaan di lambung, dan sebagainya.

  3. Buah ceri memiliki banyak kandungan antiokisan. Ceri pun memiliki manfaat untuk melawan penyakit tumor apapun jenisnya. Manisnya ceri tidak terlalu memengaruhi lonjakan gula darah.

  4. Anggur merah berkhasiat dalam menyehatkan jantung. Selain itu, buah tersebut juga memicu perbaikan sel-sel kulit sehingga lebih sehat dan bersinar. Tanda-tanda penuaan dapat dihindari dengan mengonsumsinya secara rutin.

  5. Dalam tomat terdapat vitamin C dalam jumlah tinggi. Salah satu jenis antioksidan ini berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Tomat juga memiliki senyawa likopen. Pada sebuah penelitian, likopen sangat aktif dalam melawan sel kanker maupun tumor terutama pada kasus kanker payudara.

  6. Pepatah mengatakan “makan apel sehari akan menjauhkan Anda dari dokter”. Barangkali itu benar lantaran dalam apel terkandung antioksidan sangat tinggi. Ditambah dengan gaya hidup sehat maka kebugaran tubuh tetap terjaga.

  7. Menurut penelitian, buah cranberry disarankan untuk orang-orang yang mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Cranberry dapat membunuh bakteri patogen yang bersarang di kandung kemih. Selain itu buah tersebut juga bagus untuk meringankan penyakit asam urat dan menyehatkan mata.

  8. Kadar vitamin C delima lebih banyak dibanding jeruk. Buah ini juga dipercaya mampu memberikan kesehatan bagi jantung. Di samping itu kandungannya dapat pula untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

8 Buah Warna Merah yang Punya Banyak Manfaat 8 Buah Warna Merah yang Punya Banyak Manfaat Reviewed by Hepii on 00:37 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.