Makanan Ini Membantu Meningkatkan Kesuburan

makan kacang

Pasangan mana pun menginginkan kesuburan seksual yang baik agar segera mendapatkan keturunan. Tidak sedikit dari pasangan yang bermasalah dengan keturunan ini mencari pengobatan alternatif untuk mengatasinya. Beberapa terapi kesuburan adalah dengan akupuntur, herbal, hingga ke medis konvensional dengan beragam bentuk penanganan. Banyak yang berhasil, namun tidak sedikit pula yang belum memperoleh hasil yang diinginkan.

Cara meningkatkan kesuburan antara teori medis konvensional dengan teori gizi cukup berbeda. Misalnya dalam akupuntur, selain melakukan terapi tusuk jarum juga harus diimbangi dengan menjaga cara makan yang sangat ketat untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman es. Ada pula teori yang mengemukakan bahwa kesuburan yang prima bisa dipicu dengan menjaga pola makan untuk sebisa mungkin menjadikan kondisi tubuh selalu alkali atau basa. Dengan begitu sistem tubuh dapat berjalan lancar termasuk urusan kesuburan.

Di samping itu, diyakini juga sejumlah makanan bisa mendorong tubuh untuk mendapatkan kesuburannya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang layak dijadikan pilihan untuk memperoleh kesuburan yang lebih maksimal.

  1. Buah berry yang berwarna gelap. Termasuk dalam buah ini adalah goji berry, mulberry, blackberry, raspberry, strawberry, acai berry, cranberry, hingga delima. Buah-buahan tersebt diketahui memiliki kandungan antosianin cukup tinggi. Antocianin berhuna melindungi tubuh dari buruknya radikal bebas dan terutama paling banyak terdapat pada pigmennya. Usahakan mendapatkan buah ini dalam keadaan organik yang bebas pestisida.

  2. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Untuk meningkatkan kesuburan bisa juga mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Termasuk dalam kategori ini adalah almons, kacang mete, biji wijen, biji chia, biji rami, hingga kenari. Menurut teori gizi dari China, makanan seperti ini merupakan “sumber kehidupan” bagi tanaman dan punya nutrisi yang lebih padat. Dalam biji-bijian dan kacang-kacangan terdapat pula omega 3, kalsium, dan mineral lain yang penting dalam pembentukan kesuburan.

  3. Mengonsumsi makanan yang dimasak. Sebagai usaha untuk mendapatkan kesuburan, disarankan lebih sering mengonsumsi makan yang dimasak terlebih dahulu. Baik itu sayuran, daging tanpa lemak, telur organik, dan biji-bijian lebih baik dimakan setelah dimasak. Jika ingin makan mentahan (raw food) maka dihidangkan bersama masakan lain. Selain itu hindari makanan atau minuman dingin yang suhunya seperti setelah masuk kulkas. Yoghurt beku dan minuman es tidak disarankan untuk mendapatkan kehamilan.

  4. Sayuran berdaun hijau gelap. Macamnya sangat banyak seperti kale, bayam, lobak, brokoli, kangkung, dan sebagainya. Sayuran seperti ini kaya dengan serat, vitamin, kalsium, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk jantung. Klorofilnya yang lembut mampu melakukan detoksifikasi racun dari dalam tubuh sehingga keadaan tubuh menjadi fit kembali.


Meski begitu, selain mengonsumsi berbagai makanan untuk menambah kesuburan, perlu juga memeriksakan diri terkait kondisi organ reproduksi. Pada pria, misalnya, kesuburan bisa dicek dari keadaan sel sperma. Sperma yang sehat memiliki bentuk normal, jumlah yang cukup, dan punya kemampuan bergerak yang sangat cepat. Sementara pada wanita perlu pula dicek kondisi rahimnya. Kadang ditemukan kasus saluran tuba falopi terhambat sehingga sel telur atau ovum tidak bisa menuju rahim. Berbagai masalah ini mesti diatasi juga.
Makanan Ini Membantu Meningkatkan Kesuburan Makanan Ini Membantu Meningkatkan Kesuburan Reviewed by Hepii on 03:20 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.