7 Manfaat Wortel sebagai Obat Alami, dari Hipertensi Sampai Demam Anak

wortel

Wortel yang kerap menjadi simbol makanan kelinci, ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Sayur ini adalah salah satu yang memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi, di samping ubi jalar. Dengan nutisi ini, wortel dipercaya memberikan perlindungan untuk mata dari masalah yang menyerang mata seperti rabun senja hingga degenerasi makula.

Sayur ini terasa renyah dan manis. Tidak jarang manisnya wortel kerap menjadi pengganti gula untuk pembuatan menu makanan tertentu. Manisnya wortel pun jauh lebih sehat ketimbang mengonsumsi gula pasir atau dari pemanis olahan lainnya. Dan, disarankan memilih sayur ini yang sudah mulai masak dengan tektur warna oranye cerah. Di saat inilah pigmen wortel berupa beta karoten terbentuk sempurna.

Lebih dari untuk kesehatan mata, manfaat wortel cakupannya cukup luas. Pasalnya nutrisi di dalamnya tidak hanya terbatas vitamin A semata. Ada pula kandungan serat, antioksidan,mineral, dan vitamin lainnya. Penggunaannya untuk obat alami juga sangat dimungkinkan. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan wortel:

  1. Wortel sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat. Bagian yang diperlukan adalah air sarinya dengan jalan meremas dan menyaring parutan wortel. Jika ukuran wortel sedang atau besar, cukup gunakan satu butir saja. Lakukan pemarutan wortel, tempatkan hasil parutan pada saring, lalu remas. Minum air wortel murni sampai habis. Biasanya penurunan tekanan darah mulai dirasakan kurang lebih satu jam kemudian.

  2. Menurunkan demam anak. Untuk mengatasi demam, caranya juga seperti untuk mengobati hipertensi. Siapkan satu butir wortel ukuran kecil, parut, dan ambil air sarinya dengan meremas. Campur dengan air hangat lalu minumkan pada anak.

  3. Mendinginkan dan menyembuhkan luka bakar. Cara menggunakan wortel untuk luka bakar yaitu dengan menumbuk wortel secukupnya dan menempelkannya pada kulit yang terluka. Gunakan lebih sering hingga bagian yang luka tidak terasa panas lagi. Bisa juga, wortel diparut lalu ditempelkan pada luka.

  4. Obat batuk. Gunakan air sari wortel sebagai pengganti obat batuk cair. Caranya cukup diparut dan remas untuk mengambil sarinya. Campur dengan air hangat secukupnya dan sedikit gula aren (jika perlu). Minum ramuan ini dua kali sehari.

  5. Meringankan nyeri hadi. Agar nyeri haid tidak menyiksa, potong-potong tipis wortel sebanyak 250 gram. Tambahkan air hangat dan biarkan menyatu dengan sarinya. Minum ramuan ini dua kali sehari.

  6. Mengatasi sembelit. Jika buang air besar kurang lancar, cukup siapkan dua buah wortel yang masih muda. Parut semuanya dan tambahkan dua sendok air matang dengan sedikit garam. Lalu, peras campuran tersebut dan minum airnya dua kali sehari.

  7. Menghaluskan wajah. Gunakan wortel sebagai masker untuk tujuan ini. Ambil wortel 2-3 buah dan diparut. Tempelkan pada wajah dan biarkan mengering. Akhiri dengan membilas wajah sampai bersih.

7 Manfaat Wortel sebagai Obat Alami, dari Hipertensi Sampai Demam Anak 7 Manfaat Wortel sebagai Obat Alami, dari Hipertensi Sampai Demam Anak Reviewed by Hepii on 02:26 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.