8 Cara Mudah Untuk Sehat

Makanenaksehati.blogspot.com - Banyak sekali perilaku kita yang tidak sehat, yakni perilaku yang menimbulkan resiko merusak kesehatan dalam jangka panjang.

Kredit: ning.com
Itu termasuk pola hidup yang buruk, seperti merokok, minum alkohol dan stres dalam konflik hubungan antarpribadi.

Namun, bagaimana pun juga, kesehatan harus tetap dijaga, berikut yang bisa kita lakukan:

1. Minum banyak air putih.
Paling tidak, kita harus mendapatkan cairan sebanyak 8 gelas per hari. Air berguna untuk membuang zat racun dari dalam tubuh dan memperlancar metabolisme. Dapatkan air tidak hanya dari air putih, tetapi juga dari makanan yang kaya air, seperti buah-buahan.

2.  Makan sesuai dengan jam biologis tubuh
Jam 4 pagi sampai jam 11 siang, enzim pencernaan belum aktif. Pada saat itu, tubuh sedang melakukan proses pembuangan. Makanlah buah-buahan karena buah tidak memerlukan enzim pencernaan untuk dicerna, tapi hanya air liur saja.

Jam 11.00-20, enzim pencernaan sudah aktif. Anda bisa mengonsumsi nasi, lauk-pauk, dan sayuran. Padu padankan makanan dengan benar, yakni karbohidrat sebaiknya tidak dicampurkan dengan protein hewani. Jika Anda ingin makan daging, cukup dikombinasikan dengan sayuran. Jika Anda ingin makan karbohidrat, kombinasikan dengan sayuran dan produk kedelai seperti tahu dan tempe.

Tidurlah jam 22.00, dan jangan makan tengah malam karena enzim pencernaan tidak aktif. Jika lapar, makanlah buah-buahan.

Perbanyak buah dan sayuran untuk mencukupi mineral dan vitamin. Jangan makan buah sesudah makan karena fruktosanya dapat memfermentasi makanan menjadi busuk. Konsumsi jus sayuran untuk mencukupi kebutuhan mineral. Jangan dicampurkan jus-jusan dengan gula dan susu.

3. Sering-seringlah masak makanan sendiri
Kelebihan memasak sendiri adalah hemat, makanan lebih segar dan besih serta memastikan tidak ada MSG di dalam makanan.

4. Olahraga 
Jangan pikirkan olahraga itu harus ke gym. Cukup jalan cepat selama 30 menit sehari, itu sudah cukup untuk menggerakkan badan!

5. Jaga kualitas tidur
Saat tidur, tubuh memproduksi sel yang melawan infeksi, mengusir stres, menghilangkan radang dan membersihkan tubuh dari zat racun. Tidur berkualitas didapatkan dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi. Jadi, jangan begadang.

6. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan
Kebiasaan bersih itu baik, seperti cuci tangan sehabis dari toilet, cuci tangan sebelum makan, cuci kaki saat dari luar rumah, cuci tangan dan kaki sebelum tidur, sikat gigi sebelum tidur, ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, bersihkan rumah dan lingkungan.

7. Jaga emosi
Jangan sampai stres dan terjebak dalam hubungan yang melelahkan berlarut-larut. Anda tahu kapan harus meneruskan hubungan atau kapan harus meninggalkannya!

8 Cara Mudah Untuk Sehat 8 Cara Mudah Untuk Sehat Reviewed by Hepii on 03:13 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.