Daging Panggang Dapat Memicu Alzheimer



Tentangbekasi.com - Waspadalah bila Anda termasuk salah satu penggemar daging yang digoreng, dipanggang, maupun dibakar. Pengolahan daging dengan ketiga cara ini diketahui memiliki peran dalam memunculkan penyakit Alzheimer. Di samping itu, dimungkinkan pula makanan seperti ini turut mengakibatkan efek penuaan. Demikian menurut studi yang dilakukan Alzheimer Research di Inggris.

 
Seperti dilansir TimesofIndia.com, peneliti menemukan adanya senyawa berbahaya yang memengaruhi kesehatan di dalam kepala. Senyawa yang disebut ages ini menimbulkan penumpukan protein, kemudian membentuk endapan racun. Endapan menyerang otak dan menjadikannya bermasalah.

Kata peneliti, senyawa tersebut dalam tingkat tinggi akan menekan enzim yang bertugas melindungi otak. Kondisi seperti ini juga biasa memicu orang-orang memiliki penyakit metabolik, penuaan, diabetes, dan penyakit yang berhubungan dengan otak.

Selain karena pengolahan daging yang salah, senyawa ages juga bisa muncul akibat konsumsi makanan tinggi lemak dan makanan manis. Keju, telur, roti putih, kue manis, dan sebagai kemungkinan besar bisa memicunya jika dikonsumsi berlebihan.

 “Diet makan seimbang dapat membantu menurunkan risiko Alzheimer. Dan, mengikuti gaya hidup sehat yang meliputi olahraga teratur, tidak merokok, dan menjaga tekanan darah, serta berat badan juga dapat membantu,” kata Dr Simon Ridley, kepala penelitian di Alzheimer Research Inggris.

 Sebelumnya, diabetes sering dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia atau kepikunan. Dengan hasil studi ini tampak jelas bahwa daging pun bisa menyebabnya risiko yang serupa bila cara memasaknya salah.
Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Proceedings Of The National Academy Of Sciences.

(Penulis: Ilham Choirul)
Daging Panggang Dapat Memicu Alzheimer Daging Panggang Dapat Memicu Alzheimer Reviewed by kang ilh am on 20:38 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.