Ini Sumber Kalsium Selain dari Susu

kubis

Jika selama ini sumber kalsium digadang lebih banyak ditemukan pada susu dan produk turunannya. Mulai sekarang Anda mesti buang jauh persepsi ini. Kalsium dalam jumlah tinggi tidak hanya ditemukan pada susu. Pasalnya, mineral ini dengan mudah bisa ditemukan pada buah, sayuran, hingga kacang-kacangan. Sifatnya pun lebih alami dan bukan formulasi buatan yang ditambahkan seperti halnya pada susu berkalsium tinggi.

Kalsium merupakan komponen yang bisa membuat tulang dan gigi lebih kuat. Di samping itu kalsium juga memberikan kebaikan pada otot, sel, dan saraf sehingga dapat berfungsi dengan baik. Cadangan kalsium sebagian disimpan pada tulang. Pada kasus ibu hamil, kalsium yang membentuk tulang janin turut disuplai dari cadangan ini. Oleh sebab itu, seringkali ibu hamil dianjurkan untuk menyukupi kebutuhan kalsium.

Memenuhi kebutuhan kalsium dengan makanan alami jauh lebih aman dibanding minum susu. Tidak semua orang cocok dengan susu karena mungkin terjadi intoleransi laktosa. Bagi Anda yang ingin memenuhi kalsium dengan buah dan sayuran, berikut sebagian pilihan makanan yang dapat dikonsumsi sebagai menu harian:

  1. Jumlah kalsium yang dimiliki oleh secangkir sawi yang dimasak sekitar 286 miligram. Jumlah ini cukup tinggi untuk memenuhi 25 persen kebutuhan harian kalsium Anda. Dalam sawi terdapat pula kandungan vitamin A yang tinggi dan dapat mencegah degenerasi makula. Dalam memasak sawi bisa dipadukan dengan bawang putih atau minyak zaitun untuk memberikan manfaat kesehatan yang lebih banyak.

  2. Dalam brokoli terkandung vitamin C yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari jeruk. Sementara jumlah kalsiumnya sekitar 86 miligram dalam porsi dua cangkir. Sebuah studi juga menemukan bahwa makan brokoli secara rutin dikaitkan dengan pencegahan dan terapi jenis kanker tertentu, seperti kanker usus besar dan kanker kandung kemih.

  3. Sayuran ini memiliki kandungan kalsium 101 miligram untuk secangkir kubis cincang. Jumlah kalori dalam porsi tersebut hanya 30 kalori. Kubis juga memberikan manfaat vitamin C dan kandungan vitamin A sejumlah dua kali dari asupan harian yang direkomendasikan. Kubis memiliki kandungan besar dari vitamin K. Fungsi vitamin ini membantu proses pembekuan darah saat terjadi lecet atau pendarahan pada tubuh.

  4. Buah ini punya jumlah kalsium sebanyak 74 miligram untuk ukuran jeruk besar dan 27 miligram pada porsi secangkir jus jeruk. Selain rendah kalori, jeruk juga menjadi sumber dari vitamin C yang sekaligus bertindak sebagai antioksidan.

  5. Sumber kalsium dari jenis hewani bisa ditemukan pada ikan sarden. Di dalamnya terdapat kandungan kalsium mencapai 351 miligram pada porsi 3,75 ons. Sarden juga sumber vitamin B12 yang merupakan nutrisi untuk sistem saraf dan otak. Vitamin D di dalamnya turut membantu kesehatan tulang, gigi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini Sumber Kalsium Selain dari Susu Ini Sumber Kalsium Selain dari Susu Reviewed by Hepii on 02:58 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.