Ini yang Bisa Anda Dapatkan Saat Makan Buah Manggis

buah manggis

Buah manggis sering mendapat julukan “ratunya buah”. Ini tidak berlebihan lantaran manggis memang memiliki rasa yang lezat sekaligus kaya manfaat bagi kesehatan. Belakangan kulit manggis yang dipakai untuk pengobatan herbal, makin menanjak pamornya. Di dalam kulit buah ini ternyata ditemukan antioksidan yang tinggi dan diyakini mampu melawan radikal bebas. Penyakit seperti kanker, penuaan, degenerasi fungsi organ tubuh, dan sebagainya bisa dicegah.

Gizi yang dimiliki manggis juga terdapat pada daging buahnya. Buah yang punya nama spesies Garcinia mangostana ini padat nutrisi pada dagingnya yang berwarna putih saat matang. Seratnya yang tinggi cocok untuk dimasukkan sebagai menu diet. Jumlah sisiran daging buahnya dapat dihitung dari penampakan guratan yang ada di bawah kulit luarnya.

Manggis banyak ditemukan di Asia Tenggara terutama Indonesia hingga Malaysia. Buah ini tidak akan membusuk sekalipun sudah terlalu matang. Pasalnya, manggis segera membatu jika terlalu lama dibiarkan tidak dimakan.

Ingin tahu manfaat menyehatkan dari manggis? Simak berbagai keunggulan manggis berikut ini:

  1. Mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung dan arteriosklerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Buah manggis dapat mengembalikan elastisitas pembuluh darah melalui zat antimikroba dan antioksidan. Risiko penyakit jantung dapat diturunkan dengan mengonsumsi manggis secara teratur.

  2. Penuh dengan sumber mineral. Mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium dengan mudah ditemukan pada manggis. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Fungsinya membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan begitu, manggis menawarkan perlindungan dari stroke dan penyakit jantung koroner.

  3. Menurunkan tekanan darah tinggi. Penyakit yang sering disebut hipertensi ini muncul karena terjadi gangguan pada pembuluh darah. Semakin tingi tekanan darah maka berisiko memunculkan serangan jantung dan stroke. Makan buah manggis secara teratur diyakini segera menurunkan tekanan darah dan menjadikannya stabil.

  4. Kaya antioksidan. Menurut studi ada jenis antioksidan utama yang dimiliki manggis yaitu xanthones. Xanthone dan turunannya terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk antiperadangan. Xanthone adalah obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini juga memiliki sifat memperbaiki sel yang rusak oleh radikal bebas, termasuk bisa memperlambat penuaan dan mencegah penyakit degeneratif. Penyakit yang menyerang mental dapat pula dicegah.

  5. Mencegah dan menyembuhkan kanker. Beberapa studi menemukan ekstrak dari buah manggis dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada pasien kanker darah atau leukemia. Selain itu berguna pula dalam mencegah pertumbuhan sel kanker paru-paru dan kanker usus besar.

  6. Mencegah dan mengobati diabetes. Dalam manggis terdapat zat aktif yang mampu menormalkan kadar gula dalam darah. Selain itu dapa memulihkan energi dan membantu proses penyembuhan penyakit pada pasien diabetes.

  7. Antiinflamasi. Mengonsumsi buah manggis 2-3 kali dalam sehari akan menurunkan rasa sakit akibat peradangan.

Ini yang Bisa Anda Dapatkan Saat Makan Buah Manggis Ini yang Bisa Anda Dapatkan Saat Makan Buah Manggis Reviewed by Hepii on 03:51 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.