Manfaat Daun Kemangi Mulai dari Mencegah Penyakit Jantung Sampai Melawan Kanker

manfaat daun kemangi

Jangan remehkan daun kemangi yang sering dijadikan bahan sayuran lalapan. Dalam daun-daun yang kecil itu terdapat manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun kemangi diketahui berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang mencegah terjadinya peradanga dalam tubuh. Peradangan tersebut bisa menjalar menjadi penyakit kronis kalau tidak segera ditangani, seperti menjadi penyakit kanker atau penyakit kardiovaskuler.

Kemangi juga memiliki kandungan antioksidan. Senyawa ini akan melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh agar tidak sampai menjadi sel menjadi menurun fungsinya. Radikal bebeas sering dikaitkan dengan kejadian degenerasi fungsi organ tubuh, penuaan lebih cepat, hingga kemunculan tumor hingga kanker. Sebuah studi mengatakan, konsumsi kemangi secara rutin melalui masakan dapat memberikan kebaikan bagi tubuh secara keseluruhan.

Mari simak kehebatan nutrisi dalam kemangi. Kandungan antioksidan dalam kemangi berbentuk flavonoid. Kegunaannya telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food. Dalam penelitian tersebut ditemukan, daun kemangi dapat menurunkan pembentukan sel-sel kanker. Komponen senyawa dalam kemangi yang disebut dengan carsonol, terbukti melakukan penghambatan proses karsinogenesis sel kanker prostat. Penelitian ini menggunakan media tikus yang dikondisikan terkena kanker.

Hebatnya lagi, antioksidan dalam kemangi juga berguna sebagai antibiotik alami. Mikroorganisme patogen dari jenis bakteri dapat dilawan sehingga tidak sampai menimbulkan masalah bagi kesehatan. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk makan daun kemangi begitu sayuran ini tersaji sebagai bahan lalapan menu makan utama.

Satu lagi manfaat yang bisa didapatkan dari kemangi yaitu kesehatan kardiovaskuler. Daun ini bisa dikatakan cukup jago dalam melindungi fungsi jantung. Di dalam daun kemangi terdapat vitamin A dalam jumlah tinggi. Vitamin ini berguna melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Selain itu berguna pula untuk melindungi tubuh dari setiap radikal bebas yang mengoksidasi kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah. Jika oksidasi ini menciptakan tingginya kolesterol dalam pembuluh darah, maka kemungkinan akan mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Manfaat daun kemangi dapat mencegah kejadian ini jangan sampai muncul.
Manfaat lainnya yang tidak kalah bagus dari daun kemangi yaitu mencegah asma, osteoarthritis, hingga rheumatoid arthritis. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah betakaroten. Salah satu jenis antioksidan ini membantu mengurangi tingkat keparahan penyakit tersebut. Sehingga, kerusakan sel –sel tubuh lebih lanjut dalam dicegah.

Manfaat daun kemangi juga muncul karena kandungan magnesium. Ini adalah mineral yang bertugas menjaga kesehatan jantung dengan jalan membuat rileks otot dan pembuluh darah. Aliran darah menjadi lancar dan denyut jantung lebih teratur.

Melihat dari besarnya manfaat ini, jangan sampai Anda lewatkan untuk mengunyah daun kemangi. Rasanya tidak langu seperti halnya kebanyakan dedaunan. Ada sensasi sedikit rasa pedas dan jika dipadu dengan makan utama akan tersa lebih nikmat.
Manfaat Daun Kemangi Mulai dari Mencegah Penyakit Jantung Sampai Melawan Kanker Manfaat Daun Kemangi Mulai dari Mencegah Penyakit Jantung Sampai
Melawan Kanker Reviewed by Hepii on 05:30 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.