Ini 4 Game dan Aplikasi Android yang Cocok untuk Merayakan HUT RI

game indonesia merdeka

Developer game dan aplikasi Android dari Indonesia tidak kalah mumpuninya untuk menciptakan sesuatu yan menarik di dalam smartphone. Tengok saja di Play Store, ada banyak game dan aplikasi dari pengembang lokal yang wara-wiri di sana. Banyak game maupun aplikasi yang basisnya gratis malahan. Selain itu tema dari aplikasi juga tidak garing dan mengasikkan untuk dimainkan.

Untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69, ada pula game yang yang dipersembahkan developer lokal. Tidak melulu soal game, tersedia pula genre searah sampai dengan pantun. Ragamnya cukup banyak. Beberapa alternatif game maupun aplikasi yang berkaitan dengan HUT RI adalah sebagai berikut seperti dikutip dari laman Kompas:

  1. Indonesia Merdeka. Ini adalah game sederhana berisik berbagai macam permainan yang sering dilombakan ketika HUT RI setiap tanggal 17 Agustus. Beberapa permainan yang disajikan adalah balap karung, balap kelereng, tarik tambang, memungut koin dengan mulut pada buah, hingga berusaha memasukkan pensil agar masuk ke dalam botol. Secara keseluruhan game ini sangat menarik dan mengingatkan pada kehidupan masa kecil bagi orang-orang yang telah dewasa. Kini, pemainan khas “agustusan” dapat dimainkan kembali lewat smartphone. Pengembang game unik ini adalah Darius Halim.

  2. Guess the Indonesian Hero. Ini adalah aplikasi yang berguna sebagai pengingat sejarah masa menegakkan kemerdekaan di masa lampau. Pasalnya, aplikasi ini berusaha mengingatkan penggunanya terhadap nama dan jasa para pahlawan Indonesia. Pengguna diajak untuk terlibat aktif menebak gambar wajah yang disajikan. Guess the Indonesian Hero diciptakan oleh Edi Katekan. Tantangan utamanya adalah memutar otak untuk menebak nama pahlawan. Bonusnya yaitu pengguna akan mengetahui informasi sejarah dari pahlawan yang ditampilkan. Saat nama pahlawan dapat ditebak, pengguna segera diarahkan menuju laman Wikipedia yang mengupas tentang pahlawan tersebut. Ada aplikasi serupa dengan Guess the Indonesian Hero yang bernama Tebak Nama Pahlawan. Aplikasi ini bisa ditemui di Play Store.

  3. Battle to Merdeka. Ini adalah game model puzzle. Game difokuskan untuk mencapai tujuan berupa pengambilalihan barak milik musuh. Battle to Merdeka mengisahkan pejuang Nusantara yang sedang berupaya mengalahkan Belanda dan menguasai baraknya. Segera unduh aplikasinya melalui Play Store dan segera mainkan keseruannya.

  4. Pantun Ucapan Kemerdekaan RI. Aplikasi ini mirip ucapan selamat hari raya. Di dalam aplikasi terdapat banyak patun yang memuatkan kalimat-kalimat penggugah semangat nasionalisme. Pengembangnya adalah Rejeki Melimpah dan telah disipkan sekitar 39 koleksi pantun berkaitan dengan HUT Kemerdekaan RI. Ada juga pantun yang lucu dan ada yang menunjukkan perasaan cinta Tanah Air. Salah satu contoh pantun tersebut yaitu seperti berikut:


"Putar-putar tiang menara, dilihat dai Prabumulih,
Kibar-kibarlah ini bendera, Bendera Sangsaka Merah Putih.."
Ini 4 Game dan Aplikasi Android yang Cocok untuk Merayakan HUT RI Ini 4 Game dan Aplikasi Android yang Cocok untuk Merayakan HUT RI Reviewed by Hepii on 01:57 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.